koffieenco.blogspot.com

Tuesday, June 16, 2015

Tumbuhan Langka Yang Ada Di Indonesia



Tumbuhan langka di Indonesia – Indonesia terkenal dengan flora dan fauna nya. Flora adalah nama lain dari tumbuhan sedangkan fauna adalah nama lain dari hewan atau binatang. Negara Indonesia adalah salah satu Negara yang sangat kaya akan tumbuhan dan juga hewannya. Namun di sisi lain Negara Indonesia juga terkenal sebagai Negara yang banyak memiliki jenis hewan dan tumbuhan yang langka juga. Kelangkaan pada hewan dan juga pada tumbuhan banyak terjadi di indonesia karena banyak masyarakat Indonesia yang menjadi pemburu liar yang tidak bertanggung jawab dan tidak memikirkan populasi dari hewan dan juga tumbuhan yang diburu tersebut. Hal ini memiliki pengeruh yang sangat besar terhadap kelangkaan yang terjadi pada hewan dan juga tumbuhan yang ada di Indonesia.

Jika kita bahas tentang kelangkaan, memang ada banyak sekali jenis hewan dan juga tumbuhan yang populasinya sangat sedikit sehingga membuat kita menjadi sangat sulit untuk melihat nya, bahkan ada beberapa jenis hewan dan juga tumbuhan yang sudah benar benar langka sehingga membuat hewan dan tumbuhan itu harus dilindungi oleh pemerintah supaya tidak benar benar punah dan tidak ada populasinya sama sekali. Saat ini kita tidak akan membahas tentang hewan dan juga tumbuhan, namun kita hanya akan membahas tentang tumbuhan langka yang ada di Indonesia saja.

Tumbuhan langka

Tumbuhan langka adalah tumbuhan yang memiliki populasi yang sangat sedikit. Terjadinya tumbuhan langka ini banyak disebabkan karena adanya pemburu liar yang dengan sengaja memburu jenis tumbuhan tumbuhan langka itu untuk tujuan tertentu misalnya untuk dijual, karena jenisnya yang sudah langka maka diburu untuk dijual dengan harga yang cukup mahal.

Indonesia merupakan Negara yang paling banyak memiliki jenis tumbuhan langka yang disebabkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak memikirkan populasi dari jenis tumbuhan tersebut. Sebenarnya masalah kelangkaan tersebut dapat diatasi jika para pemburu liar tersebut diberikan sanksi atau hukuman yang berat sehingga tidak melakukan pemburuan liar lagi baik pada hewan maupun pada tumbuhan. dibawah akan dijelaskan beberapa contoh tumbuhan langka yang ada di Negara Indonesia.

Tumbuhan langka di Indonesia

Anda sudah tahu bukan apa yang dimaksud dengan tumbuhan langka? Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan langka di Indonesia :
  • Raflesia Arnoldi. Jenis tumbuhan ini hidup di daerah taman nasional Bengkulu. Bunga raflesia arnoldi terkenal sebagai bunga bangkai, hal ini dikarenakan bunga raflesia arnoldi ini mengeluarkan bau yang sangat busuk menyerupai bau bangkai. Bau busuk tersebut sebenarnya adalah utnuk mengundang lalat supaya mendekat pada bunga tersebut dan bisa membantu penyerbukan
  • Kantong semar. Jenis tumbuhan yang memangsa hewan. Jenis tumbuhan yang satu ini memiliki kantong yang membuka pada bagian atasnya. Kantong tersebut akan membuka pada saat bunga tersebut sudah dewasa 
  • Damar. Tumbuhan dammar termasuk dalam jenis tumbuhan langka. Tumbuhan yang satu ini tumbuh di daerah papua. Tumbuhan ini memiliki harga jual yang tinggi
Rating: 4.5