koffieenco.blogspot.com

Sunday, June 14, 2015

Fungsi Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan



Fungsi sel hewan dan sel tumbuhan – Hewan dan tumbuhan merupakan golongan dari makhluk hidup. Setiap makhluk hidup memiliki sel yang terdapat didalam tubuhnya. Sel itu berfungsi untuk membantu melakukan aktivitas kehidupan. Ibarat mobil sel merupakan mesin yang menghidupkan mobil tersebut. Sel adalah bagian paling kecil yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Karena hewan dan juga tumbuhan termasuk sebagai golongan makhluk hidup, jadi didalam tubuh hewan dan tumbuhan tersusun atas sel sel didalam tubuhnya.

Sel yang terdapat pada hewan dan juga tumbuhan memiliki fungsi masing masing. Sel sel tersebut berfungsi sebagai alat yang membantu kelangsungan hidupnya. Sudah tahu kah anda tentang sel sel yang terdapat didalam tubuh hewan dan juga tumbuhan? dan sudah tahukan anda apa fungsi dari sel sel tersebut? Nah, saya kasih tahu sedikit yah didalam tubuh hewan tumbuhan dan juga makhluk hidup lain terdapat sel. Dan sel sel tersebut ada beberapa bagian dan sebenarnya setiap sel yang ada didalam tubuh hewan dan juga tumbuhan itu memiliki fungsi sendiri sendiri. Jika anda sedang mencari tahu informasi tentang sel hewan dan juga sel tumbuhan yang disertai dengan penjelasan tentang fungsinya. Maka di sini lah tempat yang paling tepat untuk anda. Karena di sini akan dibahas tentang sel hewan dan sel tumbuhan serta fungsinya.

Sel hewan dan fungsinya

Yang di maksud dengan sel adalah suatu unit dasar atau unit yang terkecil yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup termasuk dalam tubuh hewan. Dalam tubuh hewan terdapat beberapa sel yang memiliki fungsi tertentu. Berikut adalah sel hewan dan fungsinya :
  • Mitokondria. Mitokondria berfungsi sebagai tempat untuk menghasilkan energi dengan proses respirasi
  • Ribosom. Ribosom berfungsi untuk proses sintesis protein 
  • Retikulum endoplasma berfungsi guna membantu proses metabolisme lemak, karbohidrat dan juga protein 
  • Badan golgi. Badan golgi berfungsi untuk membantu proses sintesis protein 
  • Lisosom. Lisosom berfungsi untuk memperbaharui bagian bagian sel lain yang telah rusak atau mengalami kerusakan.

Sel tumbuhan dan fungsinya

Anda sudah tahu bukan tentang sel hewan dan fungsinya, sekarang kita cari tahu tentang sel tumbuhan dan fngsinya. Apa saja sel yang terdapat dalam tubuh tumbuhan? dan apa saja fungsinya? Berikut adalah penjelasannya.
  • Nukleus. Fungsi dari nukleus adalah sebagai tempat administrasi yang paling utama dan juga mengkoordinasi proses metabolisme. Nukleus juga berfungsi dalam proses pembelahan sel
  • Plastida berfungsi untuk membantu proses fotosintesis karena plastida mengandung pigmen klorofil 
  • Ribosom. Ribosom bertanggung jawab terhadap proses sintesis protein. Ribosom melekat dalam retikulum endoplasma atau dalam organel yang lainnya.
Rating: 4.5