koffieenco.blogspot.com

Thursday, June 25, 2015

Penyebab Inflasi Di Indonesia



Penyebab inflasi di Indonesia – Kita sering kali mendengar terjadinya kenaikan harga harga yang disertai dengan naiknya harga jasa didunia, kenaikan tersebut terjadi bukan hanya dalam waktu sehari dua hari namun kenaikan itu terjadi dalam jangka waktu yang lama. Siring dengan adanya pemberitaan tentang naiknya harga harga barang dan juga jasa yang secara serentak kita juga sering mendengar kata inflasi. Inflasi memang suatu masalah ekonomi yang kerap kali terjadi, inflasi bukan hanya terjadi di Negara Indonesia saja melainkan terjadi pada semua Negara yang ada di dunia ini.

Inflasi dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan, pembagian inflasi itu sendiri berdasarkan atas tingkat dari keparahannya. Inflasi atau kenaikan harga harga terjadi bukan karena tidak ada sebab atau terjadi kenaikan begitu saja. Namun terjadinya inflasi atau kenaikan itu ada penyebabnya. Karena saya tinggal di Negara Indonesia maka dari itu saya akan bahas tentang penyebab inflasi di Indonesia. Apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya inflasi di Indonesia? Semua itu akan saya uraikan secara lebih jelas pada penjelasan di bawah.

Penyebab inflasi

Jika kita bicara masalah inflasi pasti yang ada dibenak anda pertama kali adalah tentang kenaikan harga, karena inflasi itu sendiri merupakan kejadian dimana harga harga barang dan juga jasa mengalami kenaikan secara bersama sama dalam kurun waktu yang lama. Terjadinya inflasi di Negara kita bukan tanpa sebab, tapi ada beberapa penyebab yang mengakibatkan terjadinya inflasi.

Agar terhindar dari inflasi kita harus mengetahui penyebab inflasi itu sendiri, sebab untuk mengatasi terjadinya inflasi salah satunya adalah dengan mengetahui penyebab nya terlebih dahulu baru setelah itu mencari cara untuk mengatasinya. Jadi sebelum dibahas tentang bagaimana cara untuk mengatasi inflasi ada baiknya dibahas tentang penyebab terjadinya inflasi terlebih dahulu. seperti yang telah dikatakan diatas karena kita berada di Negara Indonesia maka yang dibahas adalah penyebab inflasi di Indonesia.

Penyebab inflasi di Indonesia

Inflasi dibagi menjadi empat tingkatan tergantung dari tingginya kenaikan atau tergantung dari tingkat parahnya. Empat tingkatan pada inflasi yaitu :
  1. Inflasi ringan
  2. Inflasi sedang 
  3. Inflasi berat 
  4. Inflasi hiper
Inflasi itu terjadi karena ada sebab, sekarang kita cari tahu yuk apa penyebab inflasi di Indonesia. Berdasarkan pengamatan ada beberapa penyebab terjadinya inflasi. Adapun beberapa penyebab inflasi adalah sebagai berikut :
  1. Permintaan barang mengalami peningkatan yang cukup tinggi, sedangkan produksi barang tidak mengalami peningkatan
  2. Menurunnya nilai tukar rupiah kepada dollar 
  3. Adanya kenaikan BBM atau minyak bumi 
  4. Adanya kegiatan spekulasi dan investasi pada sector industri uang 
  5. Adanya kebijakan moneter yang besar
Rating: 4.5