koffieenco.blogspot.com

Sunday, June 28, 2015

Arti Kata Inflasi



Arti kata inflasi – Jual beli adalah adalah suatu kegiatan yang setiap hari dilakukan oleh masyarakat baik masyarakat desa maupun masyarakat kota, baik di Negara kecil maupun Negara yang maju atau berkembang. Dalam kegiatan jual beli pasti sering terjadi yang namanya naik turun harga baik harga bagarang maupun harga jasa. Namun kenaikan tersebut terkadang ada yang berlasung secara terus menerus dan juga dalam waktu yang sangat lama, kenaikan seperti ini biasanya sering disebabkan karena adanya kenaikan harga bahan bakar minyak atau yang sering di singkat dengan istilah BBM.

Jika terjadi kenaikan bahan bakar minyak atau BBM sering diikuti dengan naiknya harga harga barang dan juga harga harga jasa. Pada saat kejadian seperti itu sering kali kita dengan istilah inflasi. Buat anda yang ahli dalam ilmu ekonomi mungkin anda sudah tidak asing dengan istilah inflasi, namun bagi orang awam kata inflasi masih sangat asing dan bahkan mereka masih banyak yang belum tahu apa arti kata inflasi tersebut. Untuk itu dibawah akan saya jelaskan tentang kata inflasi.

Kata inflasi

Kata inflasi kerap kali kita dengar pada saat kita mendengarkan brita, khususnya pada saat berita tentang masalah ekonomi. Kata inflasi sering kali digunakan pada saat terjadi kenaikan harga harga secara bersamaan. Inflasi merupakan suatu permasalahan yang cukup serius yang dihadapi oleh pemerintah kita khususnya, inflasi tersebut sebenarnya harus segera diatasi oleh pihak pemerintah. Inflasi itu sendiri terbagi atas empat tingkatan yaitu :
  1. Inflasi tingkat rendah
  2. Inflasi tingkat sedang 
  3. Inflasi tingkat tinggi 
  4. Inflasi tingkat hiper

Jadi apa sebenarnya arti kata inflasi? Kenapa inflasi itu sendiri terbagi atas empat tingkatan? Untuk mengetahui arti kata inflasi anda harus baca dan simak artikel satu ini, karena dibawah akan dijelaskan secara lebih jelas tentang arti kata inflasi.

Arti kata inflasi

Masalah ekonomi memang tidak jauh dengan kata inflasi. Apa arti kata inflasi? Inflasi merupakan suatu keadaan terjadinya kenaikan semua harga harga yang ada baik barang maupun jasa. Kenaikan tersebut dilakukan secara serentak atau bersama sama dan terjadi dalam waktu yang lama bukan dalam waktu pendek. Jika kenaikan harga hanya terjadi dalam waktu yang pendek atau hanya terjadi dalam hitungan hari atau minggu saja maka keadaan tersebut tidak bisa dikatakan sebagai kejadian inflasi.

Terjadinya inflasi biasanya dikarenakan adanya kenaikan BBM, seperti yang anda ketahui setiap harga BBM naik maka semua harga harga barang maupun jasa pun ikut naik, kenaikan tersebut terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Nah, kejadian itu disebut sebagai inflasi. Inflasi juga biasanya terjadi karena menurunnya nilai tukar rupiah pada dollar, selain itu juga dikarenakan sedikitnya jumlah produksi sedangkan jumlah pemakainnya sangat banyak sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya inflasi atau kenaikan harga. Sekarang sudah tahukan apa itu arti kata inflasi. Semoga ilmu yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Rating: 4.5