koffieenco.blogspot.com

Monday, June 29, 2015

Faktor Inflasi



Faktor inflasi – Akhir akhir ini kita sering sekali mendengar kata inflasi. Apalagi khususnya pada saat terjadi kenaikan harga harga secara menyeluruh atau merata. Mungkin kata inflasi sudah tidak asing lagi bagi anda semua, namun yang menjadi pertanyaan adalah sudah faham kah anda dengan arti inflasi yang sebenarnya? Anda yang sudah ahli dalam ilmu ekonomi, saya sangat yakin jika anda sudah tahu dengan arti inflasi yang sebenarnya, namun bagi anda yang belum mendalami ilmu ekonomi mungkin hanya sebatas mengerti kata iflasi belum tahu tentang arti dari inflasi itu sendiri.

Inflasi memang masalah perekonomian yang sering dihadapi oleh berbagai Negara baik itu suatu Negara yang masih kecil, maupun pada suatu Negara yang sudah mengalami kemajuan. Inflasi adalah suatu keadaan atau suatu kondisi dimana terjadi sebuah kenaikan harga harga baik itu harga barang maupun jasa, kenaikan tersebut terjadi secara serentak dan juga merata dalam suatu waktu yang cukup lumayan lama. Inflasi itu sendiri terjadi karena beberapa faktor yang menyebabkan. Faktor faktor dari inflasi akan dijelaskan lebih dalam pada uraian dibawah.

Faktor inflasi

Sama seperti yang telah diuraikan diatas bahwa inflasi terjadi karena adanya beberapa faktor. Faktor faktor tersebut yangsangat mempengaruhi terjadi suatu inflasi. Adapun faktor inflasi tersebut antara lain :
  1. Mixed inflation – inflasi campuran. Faktor ini meruapakn faktor yang terjadi pada jumlah permintaan barang. Yakni jumlah permintaan barang mengalami peningkatan yang cukup tinggi sedangkan jumlah barang yang diproduksi jumlahnya hanya sedikit dan keadaan seperti ini terjadi dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan terjadinya inflasi
  2. Expected inflation – inflasi ekspektas. Yaitu factor yang berhubungan dengan perilaku dari masyarakat yang bersangkutan. Masyarakat memiliki sifat yang adatif atau juga forward looking hal ini mengakibatkan adanya inflasi atau kanaikan harga 
  3. Cost push inflation – supply shock inflation yaitu suatu keadaan yang terjadi karena adanya desakan harga atau guncangan dari penawaran barang. Hal ini dikarenakan adanya kenaikan dari pembiayaan faktor produksi yang terjadi pada waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan terjadi inflasi

Inflasi

Inflasi itu sendiri merupakan lawan dari deflasi. Deflasi itu sendiri merupakan suatu keadaan dimana harga harga barang ataupun jasa mengalami penurunan secara terus menerus dalam waktu yang berkepanjangan. Inflasi itu sendiri dibagi menjadi empat bagian dan pembagian itu berdasarkan pada tingkat keparahan dari inflasi itu sendiri. Ke empat inflasi tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Inflasi yang rendah
  2. Inflasi yang sedang 
  3. Inflasi yang tinggi 
  4. Inflasi yang hiper
Inflasi merupakan permasalahan ekonomi yang sangat serius dan harus segera diatasi dengan menggunakan beberapa kebijakan yang dapat merubah kondisi dari keadaan inflasi menjadi keadaan yang normal.
Rating: 4.5