koffieenco.blogspot.com

Wednesday, June 3, 2015

Hewan Langka Di Indonesia Dan Keterangannya



Hewan langka di indonesia dan keterangannya – Di alam semesta ini, terdapat banyak sekali jenis makhluk hidup selain manusia. Jenis makhluk hidup tesebut antara lain adalah jenis flora dan juga fauna. Di dunia ada banyak sekali jenis flora dan fauna, termasuk di Negara Indonesia. 
 
Sayangnya, akhir akhir ini sudah banyak jenis flora maupun fauna yang telah langka, hal ini banyak disebabkan karena banyaknya orang orang yang tidak bertanggung jawab sehingga ia mlakukan pemburuan secara liar. Hal tersebut merupakan factor yang paling dominan dalam kasus terjadinya hewan dan tumbuhan langka yang terjadi.

Memang pada dasarnya jenis jenis tumbuhan juga ada yang sudah mulai langka karena populasinya yang muali sedikit. Salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam jenis tumbuhan langka adalah tumbuhan kantong semar. Namun kali ini yang akan saya bahas adalah masalah hewannya terlebih dahulu. Untuk sejenak kita tinggalkan masalah tumbuhan langka dan lebih focus ke jenis hewan langka.

Jika di lihat secara kasat mata, memang masih ada banyak hewan yang hidup di alam semesta ini, akan tetapi jika dilihat dengan cermat ada beberapa jenis hewan yang sudah mulai sulit untuk di temukan, hal ini karena jumlah dari jenis hewan tersebut sudah mulai sedikit, hal seperti inilah yang disebut dengan hewan langka. Tahukah anda, apa saja hewan hewan langka yang ada di Indonesia? Jika anda tidak tahu dan punya keinginan untuk mencari tahu hal tersebut, maka tepat sekali jika anda membaca penjelasan berikut.

Hewan langka

Hewan langka adalah hewan yang populasinya sudah mulai sedikit. Hewan langka terjadi karena adanya pemburu liar yang tidak bertanggung jawab, mereka hanya memikirkan kesenangannya sendiri tanpa memikirkan populasi hewan yang diburunya. Kebanyak hewan hewan langka di Indonesia saat ini sudah mulai di lindungi keberadaannya oleh pemerintah dengan diletakkan di suaka marga satwa, hal ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk melindungi hewan hewan langka supaya tidak benar benar terjadi kepunahan.

Salah satu contoh hewan langka yang ada di Indonesia adalah badak bercula satu. Jika anda bisa melihat dengan cermat, untuk saat ini, sangat sulit bukan untuk dapat melihat badak bercula satu? Hal ini dikarenakan jumlah populasi dari hewan yang satu ini sudah mulai langka. Maka dari itu pemerintah memasukan badak bercula satu sebagai salah satu jenis hewan yang langka dan di lindungi.

Hewan langka di Indonesia dan keterangan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, hewan langka adalah hewan yang memiliki jumlah populasi sedikit. Berikut adalah beberapa jenis hewan langka di Indonesia dan keterangannya :
  • Badak bercula satu. Hewan ini adalah hewan yang paling langka saat ini di Indonesia karena jumlah populasinya hanya sekitar 35 spesies saja. hewan ini berhabitat di taman nasional ujung kulon. Badak bercula satu merupakan hewan yang di lindungi oleh pemerintah dengan di masukkan ke dalam suaka marga satwa
  • Beruang madu. Hewan ini merupakan mascot bagi kota Balikpapan dan juga Bengkulu. Beruang madu adalah jenis hewan yang di lindungi, jenis hewan ini sudah mulai sulit uantuk ditemukan di alam bebas. Nama latin dari beruang madu adalah helarctos malayanus. Hewan ini bertubuh gelap dan dan memiliki bulunya yang berwarna putih kekuning kuningan di dadanya dengan membentuk seperti huruf v.
Rating: 4.5