koffieenco.blogspot.com

Tuesday, June 30, 2015

Pengertian Teks Deskriptif Dan Naratif



Pengertian teks deskriptif dan naratif – Jika kita belajar tentang ilmu bahasa Indonesia, pasti anda pernah mendengar kata teks deskriptif dan teks naratif. Ke dua teks tersebut sering kali kita dengar pada saat kita belajar ilmu bahasa Indonesia. Lalu apakah pengertian teks deskriptif dan pengertian teks naratif? Kedua teks tersebut atau biasa juga disebut dengan istilah paragraph merupakan pokok bahasan yang sring kali dibahas dalam ilmu bahasa Indonesia. Sudah tahukah anda apa itu pengertian teks deskriptif dan naratif? Jika anda belum tahu maka anda wajib menyimak baik baik postingan artikel yang satu ini, supaya anda bisa tahu apa itu teks deskriptif dan teks naratif.

Teks deskriptif dan juga teks naratif merupakan suatu paragraph yang ada dalam ilmu bahasa Indonesia, adapun pengertian secara lebih jelasnya akan dijelaskan lebih detail lagi pada uraian yang ada dibawah ini. Untuk itu bagi anda yang belum mengerti betul dengan pengertian teks deskriptif dan pengertian teks naratif anda harus membaca dan menyimak agar anda dapat memahami pengertian kedua teks atau paragraph tersebut. Untuk itu langsung saja yuk kita bahas tentang kedua teks tersebut diatas.

Pengertian teks deskriptif

Ilmu bahasa Indonesia adalah ilmu wajib yang harus dipelajari oleh kita semua khususnya orang Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang dijadikan sebagai bahasa persatuan. Bahasa yang menyatukan seluruh warga Indonesia. Dalam belajar ilmu bahasa Indonesia kita sering mendengar istilah teks deskriptif dan teks naratif. Apa itu pengertian teks deskriptif dan teks naratif?

Pada paragraph ini saya akan bahas tentang pengertian teks deskripit dahulu, baru setelah itu akan saya bahas tentang pengertian teks naratif. Teks deskriptif atau paragraph deskriptif adalah sebuah teks atau paragraph yang isinya berisi tentang suatu gambaran sifat dari benda yang akan dideskriptifkan atau diceritakan. Dengan kata lain deskriptif itu menggambarkan bahwa seolah olah orang yang sedang membaca teks tersebut dapat secara langsung merasakan, mendengar ataupun melihat secara langsung dengan benda yang sedang di bahas tersebut dalam suatu tulisan yang berupa paragraph atau teks. Deskriptif juga disebut sebagai lukisan dari suatu benda yang akan diceritakan dalam bentuk paragraph.

Pengertian teks naratif

Jika diatas telah dijelaskan tentang pengertian teks deskriptif, sekarang saya bahas tentang pengertian teks naratif. Teks atau paragraph naratif adalah suatu paragraph atau rangkaian dari beberapa kalimat yang bersifat untuk menguraikan ataupun menjelaskan suatu keadaan. Atau dalam istilah lain teks naratif disebut sebagai suatu prosa yang subjeknya itu berupa suatu rangkaian dari suatu kejadian.

Naratif itu sendiri mengandung unsure judul atau title, unsure orientasi, unsure komplikasi dan juga unsure resolusi. Dalam ilmu bahasa inggris teks naratif atau paragraph naratif itu sendiri disebut sebagai kalimat past tense yang bersifat untuk menceritakan suatu keadaan yang sudah terjadi di masa dulu atau masa yang telah lampau. sekarang anda sudah tahu bukan tentang pengertian teks deskriptif dan naratif? semoga ilmu ini dapat bermanfaat.
Rating: 4.5