koffieenco.blogspot.com

Sunday, January 27, 2013

Tenaga Endogen dan Eksogen



Tenaga endogen yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi yang mengakibatkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini menyebabkan keadaan tidak rata pada permukan bumi. Misalnya, terjadinya perubahan pada suatu wilayah yang mempunyai dataran rata menjadi bergelombang seperti bukit atau membentuk pegunungan. Selain tanah menjulang, tenaga endogen ini juga mengakibatkan adanya penurunan tanah yang membentuk jurang atau lembah. Vulkanisme, tektonisme, dan seisme adalah jenis-jenis dari tenaga endogen.

Terdapat dua dampak dalam tenaga endogen.

a. Dampak positif

1) Kawasan tangkapan air hujan (catchment area)

Tangkapan air hujan yaitu wilayah yang menerima banyak curah hujan yang mampu menyimpan serta mengeluarkan air tersebut pada musim kemarau yang berupa air tanah yang di alirkan ke daerah yang lebih rendah. Wilayah ini menjadi kawasan penting karena memberikan ketersediaan sumber air bagi wilayah yang berada di bagian bawah. Beberapa contoh kawasan catchment Bogor dan Puncak Cianjur. Kedua wilayah ini memberikan sumber air bagi wilayah Jakarta. Contoh lainnya adalah pegunungan Dieng. Kawasan pegunungan ini memberikan sumber air bagi wilayah banjar Negara, wonosobo, dan purbalingga. Kawasan-kawasan ini disebut catchment karena berada di daerah yang tinggi dan apabila area ini ditumbuhi tanaman besar maka tanaman tersebut mampu menyimpan dan menyerap air hujan.

2) Sumber mineral dan bahan tambang

Kali Putih dan kali Boyong merupakan wilayah disekitar lereng Merapi. Sepanjang kali ini merupakan tempat favorit penambangan batu dan pasir. Material yang ada ditempat ini terbentuk akibat adanya proses vulkanisme pada letusan Gunung Merapi. Sedangkan bahan tambang seperti alumunium, emas, biji besi, perak, alumunium terbentuk dari daerah rekahan pertemuan lempeng.

3) Pusat tenaga listrik

pusat tenaga listrik melalui pembangkit listrik tenaga uap yang berasal dari panas bumi. Resapan air didalam tanah akan bersentuhan dengan batuan panas. Hal ini mengakibatkan perubahan suhu air yang menguap menjadi uap panas. Uap tersebut kemudian berkumpul dan terperangkap kedalam sebuah rongga didalam tanah. Kondisi ini membuat tekanan uap tersebut menjadi sangat tinggi sehingga menyebabkan dorongan yang sangat kuat apabila uap ini dikeluarkan kepermukaan bumi. Tenaga inilah yang dipakai untuk menggerakan turbin. PLTU Paiton di Jawa Timur adalah contoh salah satu pembangkit listrik pengguna uap.

4) Tempat habitat flora dan fauna

Adanya perbedaan jenis hewan sebagai akibat proses geologi yang merupakan pemisah daratan di Indonesia. adanya perbedaan jenis hewan di Indonesia.di wilayah Indonesia bagian barat dan timur.

5) Tempat laboratorium dan wisata alam

puncak Gunung Bromo merupakan tempat favorit pariwisata. Sedangkan Plato Dieng dan Laboratorium Geologi Alam Karang Sambung yang terletak di Kebumen (jawa tengah) dijadikan laboratorium alam.

b. Dampak negatif

1) Letusan gunung api adalah bencana bagi masyarakat sekitar. Letusan ini dapat mengakibatkan kehancuran yang mampu meluluh lantahkan semua yang berada disekelilingnya.

2) Gempa bumi adalah bencana alam menakutkan selain letusan gunung berapi. Jembatan, bangunan, gedung, jembatan, dan lainya mampu disebabkan oleh gempa ini. Hal lain yang juga sangat mungkin terjadi adalah adanya tsunami.

3) lereng-lereng curam terbentuk yang menyebabkan tingkat erosi dan longsor yang berbahaya bagi masyarakat sekitar.

Tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari bumi bagian luar. tenaga eksogen bersifat merombak bentuk permukaan bumi yang merupakan akibat dari tenaga endogen. Tenaga eksogen akan mengikis hasil tenaga endogen seperti tebing dan bukit sehingga menyebabkan perubahan pada permukaan bumi. Tenaga eksogen terdiri dari tiga sumber. Sumber pertama adalah atsmosfer yang berpengaruh pada suhu udara dan angin. Sumber kedua adalah air. Air ini dapat berupa aliran air, gletser, siraman hujan dan lain sebagainya. Sumber ketiga adalah organisme. Organisme adalah jasad renik yang berasal dari hewan, manusia, dan tumbuhan.
Rating: 4.5