koffieenco.blogspot.com

Thursday, May 14, 2015

Macam Macam Hormon Dan Jaringan Pada Tumbuhan



Macam macam hormone dan jaringan pada tumbuhan – Pada kesempatan yang satu ini saya akan membahas mengenai masalah macam macam hormone pada tumbuhan dan juga tentang jaringan yang terdapat didalam tubuh tumbuhan. Di dalam tubuh tumbuhan selain memiliki hormone yang mengatur perkembangan tubuhnya juga terdapat jaringan jaringan yang menggerakan tubuhnya, meskipun gerak yang terjadi pada tumbuhan tidak seaktif gerak yang terjadi pada hewan.

Meskipun gerak yang terjadi pada tumbuhan tidak seperti gerak yang terjadi pada hewan dan juga manusia, tapi di dalam tubuh tumbuhan tetap berisikan jaringan jaringan yang berfungsi untuk kelangsungan hidup tubuh tumbuhan itu sendiri. Jika anda sedang belajar mengenai masalah tumbuhan, anda harus mempelajari tentang berbagai macam hormone dan juga jaringan jaringan yang terdapat pada tubuh tumbuhan.

Jika anda sekarang mencari informasi tentang macam macam hormone dan juga jaringan yang terdapat pada tumbuhan untuk menyelesaikan tugas dari sekolah atau untuk menambah ilmu anda tentang tumbuhan, maka anda wajib dan harus membaca artikel ini, sebab disini akan di ulas mengenai hormone pada tumbuhan dan juga jaringan yang terdapat pada tumbuhan.

Macam macam hormone pada tumbuhan

Sebelum belajar tentang macam macam hormone pada tumbuhan maka sebaiknya anda mengetahui tentang pengertian hormone. Hormone pada tumbuhan adalah bagian dari sebuah proses adaptasi dan juga proses pertahanan diri untuk kelangsungan hidup tumbuhan itu sendiri. Hormone pada tumbuhan adalah yang mempengaruhi perkembangan tubuh tumbuhan itu, berikut adalah macam macam hormone yang terdapat pada tumbuhan :
  1. Hormone sitokinin. Hormone ini adalah hormone yang pertama kali ditemukan, penemu hormone sitokinin adalah carlos miller. Hormone yang satu ini memiliki beberapa fungsi salah satu diantaranya adalah untuk memberikan ransangan diferensiasi pada sel sel yang dihasilkan oleh jaringan meristem
  2. Hormone etilen. Hormone etilen sering digunakan oleh buah buahan, terutama pada buah yang sudah tua dan sedikit lagi masak. Hormone etilen di sintesis oleh tumbuhan sehingga dapat mengakibatkan pemasakan pada buah dengan lebih cepat dari biasanya. Selain etilen ada juga jenis etilen sintetik yang sering dipakai oleh penjual buah untuk memasakan buahnya supaya bisa masak dengan cepat 
  3. Hormone asam abisat. Hormone ini adalah hormone yang mempengaruhi proses pertumbuhan tubuh tumbuhan, hormone ini merupakan jenis hormone penghambat

Jaringan pada tumbuhan

Jaringan merupakan perkumpulan para sel yang telah mempunyai bentuk yang sama dan juga mempunyai fungsi yang sama pula. Begitu juga dengan jaringan pada tumbuhan, jaringan pada tumbuhan merupakan perkumpulan para sel yang mempunyai bentuk dan juga fungsi yang sama. Berikut adalah beberapa macam jaringan pada tumbuhan :
  1. Jaringan meristem, jaringan ini merupakan jenis jaringan yang aktif, jaringan meristem berperan dalam proses pertumbuhan tubuh tumbuhan
  2. Jaringan permanen. Jaringan permanen yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan merupakan tiga kelompok jaringan yang paling utama didalam mempertahankan kelangsungan hidup tumbuhan itu. Jaringan permanen terdiri atas jaringan epidermis, jaringan pengangkut dan juga jaringan dasar.
Rating: 4.5