koffieenco.blogspot.com

Wednesday, May 6, 2015

Contoh Tumbuhan Gymnospermae, Hidrofit, Dan Langka



Bicara seputar tumbuhan memang tidak ada habisnya yah teman? Hal ini disebabkan karena banyaknya jenis tumbuhan yang ada dan hidup didunia. Karena banyaknya jenis tumbuhan yang hidup didunia maka banyak para ahli yang mengklasifikasikan jenis tumbuhan berdasarkan kelas dan spesiesnya masing masing. Temasuk didalamnya adalah tumbuhan gymnospermae atau yang sering dikenal dengan tumbuhan yang berbiji terbuka, tumbuhan hidrofit dan juga tentang tumbuhan langka. Jenis tumbuhan tersebut diklasifikasikan berdasarkan spesiesnya masing masing, sehingga anda akan lebih mudah untuk mempelajari tumbuhan tersebut termasuk ketika anda mempelajari tentang contoh tumbuhan gymnospermae, contoh tumbuhan hidrofit dan juga contoh tumbuhan langka. Berikut akan saya bahas tentang pengertian dan juga conotoh contoh dari masing masing tumbuhan tersebut. Yuk sama sama kita simak supaya pengetahuan kita tentang tumbuhan bisa bertambah.

Contoh tumbuhan gymnospermae dan hidrofit

Tumbuhan gymnospermae adalah jenis tumbuhan yang memiliki biji terbuka. Jenis tumbuhan gymnospermae memiliki biji yang tidak mendapat perlindungan dari bakal buahnya sehingga jenis tumbuhan ini termasuk kedalam jenis tumbuhan yang memiliki biji terbuka.

Dalam tumbuhan gymnospermae bijinya diekspor langsung pada daun daun yang menyususun strobilus atau yang sering disebut runnjung.

Tumbuhan gymnospermae hidup didunia sejak 410 tahun yang lalu dan saat ini pun masih banyak ditemukan tumbuhan gymnospermae tersebut. Tumbuhan gymnospermae memiliki ciri khusus yaitu bijinya dapat terlihat, ciri yang lainnya adalah bentuk daun dari tumbuhan gymnospermae berbentuk menyerupai jarum. Contoh tumbuhan gymnospermae adalah pakis haji, melinjo, pinus, cemara dan lain lain.

Setelah belajar tentang pengertian tumbuhan gymnospermae dan juga contoh nya, sekarang kita belajar tentang tumbuhan hidrofit, apa itu tumbuhan hidrofit dan apa saja contoh tumbuhan hidrofit. Tumbuhan hidrofit adalah salah satu jenis tumbuhan yang hidupnya didalam air, dan bisa bertahan hidup cukup lama. Tumbuhan hidrofit hidup dengan mengapung diatas air, jenis tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk lebar dan juga tipis sehingga tumbuhan ini dapat mengapung diatas air. Contoh tumbuhan gymnospermae dan hidrofit adalah pakis haji, teratai dan juga tumbuhan eceng gondok.

Contoh tumbuhan langka

Jika bicara tentang jenis tumbuhan langka, maka kita akan membahas tentang jenis tumbuhan yang mungkin pada saat ini sudah jarang ditemukan disekitar lingkungan kita karena keberadaannya yang mulai punah. Jenis tumbuhan langka tidak bisa hidup disembarang tempat, tumbuhan langka hanya bisa tumbuh di tempat tempat tertentu saja, seperti contoh tumbuhan langka yang hidup di daerah Kalimantan adalah kantong semar, tumbuhan kapur, tumbuhan mangga kasturi, dan masih banyak lagi contoh dari tumbuhan langka yang lainnya.

Tumbuhan langka saat ini sangat susah untuk ditemukan, bahkan misalnya adapun ekosistemnya tidak sebanyak dahulu, sebab kini jenis tumbuhan yang satu ini sudah mengalami sedikit kepunahan, oleh sebab itu sekarang pemerintah telah menggalakkan system perlindungan terhadap hewan dan juga tumbuhan langka yang ada didunia.
Rating: 4.5