koffieenco.blogspot.com

Sunday, May 3, 2015

Klasifikasi Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil



Tumbuhan adalah makhluk hidup yang ada didunia. Tumbuhan memiliki berbagai jenis seperti tumbuhan monokoti, tumbuhan dikotil, tumbuhan berpembuluh, tumbuhan tak berpembuluh, dan masih banyak lagi jenis tumbuhan yang lainnya. Dari berbagai jenis tumbuhan tersebut ada klasifikasinya sendiri sendiri, klasifikasi pada tumbuhan dibuat untuk mempermudah para manusia dalam mempelajari jenis jenis tumbuhan yang ada didunia, untuk itu para ahli biologi mengklasifikasikan tumbuhan tumbuhan yang ada berdasarkan spesies dan jenis nya sendiri sendiri. Diantaranya adalah klasifikasi tumbuhan monokotil dan dikotil. Jika anda sedang mencari informasi tentang klasifikasi tumbuhan monokotil dan juga klasifikasi tumbuhan dikotil, maka anda harus menyimak dan membaca arikel berikut, sebab pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang klasifikasi tumbuhan monokotil dan dikotil.

Klasifikasi tumbuhan monokotil

Tumbuhan monokit atau yang sering dikenal dengan sebutan tumbuhan yang berkeping atau berbiji tunggal. Tumbuhan monokotil merupakan salah satu diantara dua dari kelompok yang besar dari jenis tumbuhan berbunga yang bijinya tidak mengalami pembelahan hal ini disebabkan karena tumbuhan monokotil hanya memiliki satu daun lembaga.

Jenis kelompok tumbuhan monokotil merupakan jenis takson dalam berbagai klasifikasi pada tumbuhan dan juga mendapatkan berbagai nama ilimiah seperti liliospida, liliidae dan monocotyledoneae. Jenis tumbuhan monokotil mencakup beberapa tumbuhan, jenis jenis tumbuhan yang termasuk golongan tumbuhan monokotil adalah jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Tumbuhan memiliki ciri ciri khusus, ciri khusus dan ciri yang paling gampang diingat dari tumbuhan monokotil adalah tumbuhan berbiji satu atau tunggal. Berikut adalah klasifikasi tumbuhan monokotil :
  • Klad : jenis monokotil
  • Suku : jenis petrosaviaceae 
  • Bangsa : jenis acorales, alismatales, asparagales, dioscoreales, liliales, dan pandanales

Klasifikasi tumbuhan dikotil

Jika diatas telah dijelaskan tentang pengertian tumbuhan monokotil dan juga tentang klasifikasi dari tumbuhan monokotil, maka berikut akan saya jelaskan tentang pengertian tumbuhan dikotil dan juga tentang klasifikasi tumbuhan dikotil.

Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang memiliki biji dua atau sering disebut dengan tumbuhan berkeping dua. Tumbuhan dikotil segolong dengan tumbuhan jenis bunga yang memiliki ciri ciri yang khas yaitu memiliki sepasang daun lembaga sehingga dapat membelah bijinya menjadi dua, sehingga tumbuhan ini disebut dengan tumbuhan berbiji dua atau berkeping dua.

Tumbuhan dikotil termasuk dalam kelas magnoliospida. Kelas pada tumbuhan dikotil sering digunakan sebagai nama sebuah takson untuk semua jenis tumbuhan bunga yang tidak termasuk kedalam jenis tumbuhan monokotil. Magnoliospida merupakan naman yang sering kali digunakan untuk mengganti nama yang menggunakan system klasifikasi yang lama. Klasifikasi tumbuhan dikotil merupakan klad dicotyleoneae yaitu kelas tumbuhan berdaun lembaga lengkap. Contoh tumbuhan dikotil adalah tumbuhan mangga, tumbuhan rambutan, tumbuhan kacang tanah, dan lain lain.
Rating: 4.5