koffieenco.blogspot.com

Friday, May 29, 2015

Ciri Ciri Hewan Vertebrata Dan Invertebrate Beserta Contohnya



Ciri ciri hewan vertebrata dan invertebrate beserta contohnya – Hewan dapat diklasifikan berdasarkan jenis nya masing, diantara klasifikasi hewan yang terjadi di dunia ini adalah klasifikasi berdasarkan ada tidaknya tulang punggung pada tubuh hewan tersebut. Pembagian hewan berdasarkan atas ada tidaknya tulang punggung di dalam tubuhnya dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu golongan vertebrata dan juga golongan invertebrate.

Golongan vertebrata adalah golongan hewan yang memiliki tulang punggung, sedang golongan hewan invertebrate adalah golongan hewan yang tidak memiliki tulang punggung. Masing masing hewan tersebut memiliki ciri masing masing. Nah, ciri ciri tersebut yang dapat memudahkan anda untuk menemukan contoh contoh dari hewan vertebrata dan juga hewan invertebrate.

Kali ini saya akan berbagi ilmu pengetahuan tentang hewan khususnya hewan vertebrata dan juga hewan invertebrate yang didalamnya meliputi ciri ciri dan juga contoh dari kedua golongan hewan tersebut. Apakah anda sudah tahu tentang ciri ciri dan juga contoh dari hewan vertebrata dan juga hewan invertebrate? Jika anda belum tahu, maka anda wajib membaca artikel ini, untuk menambah wawasan anda tentang hewan vertebrata dan juga hewan invertebrate.

Ciri ciri hewan vertebrata


Seperti yang telah dijelaskan di atas, hewan vertebrata adalah jenis hewan yang memiliki tulang punggung atau tulang belakang di dalam tubuhnya. Buaya adalah salah satu contoh hewan vertebrata yang dapat kita temui di alam semesta ini, meskipun populasi buaya pada saat ini sudah mulai langka karena hewan yang satu ini sudah mulai punah, namun setidaknya anda masih dapat menemuinya di kebun binatang kebun binatang di daerah tempat tinggal anda.

Buaya dimasukkan ke dalam jenis hewan vertebrata karena buaya memiliki tulang belakang atau tulang punggung di tubuhnya. Untuk dapat memudahkan anda dalam mencari contoh tentang hewan vertebrata, maka anda harus tau tentang ciri ciri hewan vertebrata. Berikut adalah ciri ciri dari hewan vertebrata :
  • Di dalam tubuhnya terdapat tulang punggung
  • Memiliki system pencernaan yang lengkap 
  • Memiliki system peredaran darah yang tertutup 
  • Memiliki tubuh yang berbentuk simetri bilateral

Ciri hewan invertebrate dan contohnya

Pada penjelasan diatas sudah dijelakan bahwa hewan dibagi atas dua golongan yaitu vertebrata dan invertebrate. Pembagian tersebut berdasar pada ada tidaknya tulang punggung pada tubuhnya. Hewan invertebrate adalah hewan yang tidak memiliki tulang punggung. Adapun ciri hewan invertebrate dan contohnya adalah sebagai berikut. Ciri hewan invertebrate :
  • Tidak memiliki tulang punggung
  • Memiliki otak yang tidak mendapatkan perlindungan dari otak 
  • Mempunyai rangka pada bagian luar
Contoh hewan invertebrate :
  • Cacing
  • Cumi cumi 
  • Ubur ubur 
  • siput
Rating: 4.5