koffieenco.blogspot.com

Tuesday, June 10, 2014

Metode Pembelajaran STAD



Metode Pembelajaran STAD - Dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didik, agar dapat berlangsung secara efektif maka seorang tenaga pendidik perlu mempersiapkan banyak hal yang berkaitan dengannya. Salah satunya adalah dengan menyiapkan metode atau cara yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Metode yang digunakan tersebut sangat berpengaruh pada berlangsungnya kegiatan pembelajaran bagi peserta didik sehingga diharapkan kepada para  tenaga pendidik untuk memperhatikannya secara seksama. Satu di antara metode pembelajaran yang dianggap efektif oleh banyak orang yang perhatian terhadap pendidikan adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Stad. Seperti apakah metode pembelajaran tersebut? Dan benarkan memiliki tingkat efektifitas yang tinggi sehingga layak untuk dikembangkan? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut maka wajib bagi anda untuk membicarakan ulasan berikut ini dengan seksama!

Metode pembelajaran stad merupakan sebuah metode pembelajaran kooperatif yang paling sederhana yang digunakan pada saat kegiatan pembelajaran. Pada dasarnya metode ini sangat baik untuk diterapkan bagi para tenaga pendidik yang baru pertama kali menerapkan sebuah kegiatan pembelajaran kepada para peserta didiknya menggunakan metode pembelajaran kooperatif atau metode pembelajaran berbasis kerjasama.

Metode pembelajaran yang dikembangkan oleh Robert Slavin dan rekan-rekannya yang diberi nama STAD atau Student  Team Achievment Division ini merupakan sebuah model pembelajaran yang memiliki ciri para peserta didik dikelompokkan pada kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 hingga 5 orang yang masing-masing anggota dalam kelompok tersebut tersusun secara heterogen baik dalam hal jenis kelamin, agama maupun suku.

Model pembelajaran yang seperti ini lebih ditekankan pada interaksi yang terjalin antara para peserta didik yang terlibat di dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga dengan hal ini out put yang diharapkan dari kegiatan pembelajaran adalah peserta didik di dalam kelompok tersebut akan termotivasi untuk saling membantu dan saling menghargai terhadap anggota kelompok yang lain. Dan hal tersebut lambat laun akan membentuk sebuah integritas sosial yang baik di antara para peserta didik dan juga tenaga pendidik selama kegiatan pembelajaran maupun dalam kehidupan di luar kegiatan pembelajaran dikarenakan mereka telah terbiasa untuk bekerjasama dan saling membantu.

Dan itulah sedikit pengetahuan yang dapat saya paparkan pada ulasan kali ini. Semoga dengannya mampu memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.
Rating: 4.5