koffieenco.blogspot.com

Sunday, February 10, 2013

Jumlah detak jantung normal



Berikut adalah tabel detak jantung untuk laki-laki /pria

Berikut tabel detak jantung untuk perempuan

Jantung merupakan organ vital dari tubuh manusia. Jantung juga merupakan pertahanan terakhir untuk hidup sama halnya seperti otak. Denyut jantung atau biasa dikenal dengan denyut nadi merupakan tanda penting dalam bidang medis yang bermanfaat untuk mengevaluasi dengan cepat kesehatan atau mengetahui kebugaran seseorang secara general atau umum. Denyut jantung biasanya mengacu pada jumlah waktu yang dibutuhkan oleh detak jantung per satuan waktu, secara umum jumlah denyut jantung direpresentasikan sebagai bpm (beats per minute).

Denyut jantung yang optimal untuk setiap individu berbeda-beda tergantung pada kapan waktu mengukur detak jantung tersebut ( setelah berolahraga atau pada saat istirahat). Variasi atau perbedaan dalam detak jantung sesuai dengan jumlah oksigen yang diperlukan oleh tubuh waktu itu. Jumlah denyut jantung normal pada orang dewasa yang sehat, disaat istirahat sekitar 60-100 denyut per menit (bpm). Jika didapatkan denyut jantung yang lebih rendah saat istirahat, pada umumnya sebenarnya menunjukkan fungsi jantung yang lebih efisien dan lebih baik kebugaran kardiovaskularnya.

Setiap orang bisa mengukur denyut jantungnya sendiri tanpa perlu memakai stetoskop. Untuk bisa mengetahui jumlah denyut jantung sendiri bisa dilakukan dengan cara memeriksa jumlah denyut nadi. Langkah pertama adalah Tempatkan jari telunjuk dan jari tengah anda pada pergelangan tangan atau tiga jari di sisi leher. Pada Saat merasakan denyut nadi, lihatlah jam atau stopwatch untuk menghitung jumlah denyut selama 15 detik. Setelah didapatkan hasilnya, klikanlah dengan empat, maka anda akan mendapatkan jumlah denyut per menit.

Denyut jantung seseorang juga dipengaruhi oleh usia dan aktivitas yang dilakukan. Olahraga ataupun aktivitas fisik dapat meningkatkan jumlah denyut jantung, akan tetapi jika jumlah denyut jantung terlalu berlebihan atau di luar batas sehat dapat menimbulkan bahaya.selain usia dan aktifitas, suhu udara disekitar, posisi tubuh, tingkat emosi , berat badan serta obat yang sedang di konsumsi juga mempengaruhi jumlah denyut jantung seseorang.

Nilai denyut jantung maksimal didapat dari 220 dikurangi usia. Misal usia anda 30 tahun, maka jumlah maksimalnya adalah 190 bpm.

Dengan melakukan tes sederhana tersebut, anda bisa mengetahui apakah denyut jantung anda normal ataukah tidak. Hal ini juga berguna sebagai diagnosis awal ada atau tidaknya gangguan kardiovaskuler.
Rating: 4.5