koffieenco.blogspot.com

Tuesday, February 26, 2013

Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen



Apa yang dimaksud dengan cerpen? Ada banyak penjelasan dari para ahli mengenai pengertian cerita pendek. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa cerpen adalah cerita atau kisah pendek dengan jumlah kata kurang dari 10.000 dengan memberikan kesan tunggal dan ceritanya terpusat pada salah satu tokoh.

Susanto dalam Tarigan menjelaskan bahwa, cerpen merupakan cerita dengan jumlah kata 5000 kata atau sekitar tujuh belas halaman kuarto. Sedangkan Sumardjo dan Saini menjelaskan bahwa cerpen adalah cerita fiktif yang belum pasti kebenarannya serta ceritanya relatif pendek dan cerpen bukanlah suatu analisis argumentatif.

Dari penjelasan di atas tentunya kita sudah dapat mendefinisikan cerita pendek. Cerita pendek adalah cerita singkat berbentuk prosa yang jumlah katanya sekitar 2 sampai 20 halaman. Jika halamannya sudah lebih dari seratus halaman berarti bukanlah cerpen melainkan novel atau cerita panjang. Cerita pendek ini juga mempunyai ciri khusus yang membedakan dengan cerita lain. Berikut penjelasan ciri-ciri cerita pendek:

- Bentuk ceritanya lebih pendek dari novel (singkat dan padat)

- Jumlah katanya tidak lebih dari 10.000 kata

- Isi ceritanya berasal dari kehidupan sehari-hari (biasanya dari pengalaman pribadi atau orang lain)

- Tidak mengangkat atau menggambarkan semua kisah pelakunya karena yang dilukiskan hanyalah masalah tunggal atau inti sarinya saja.

- Tokoh-tokoh digambarkan mengalami masalah atau konflik hingga pada penyelesainnya.

- Pemakaian katanya sangat sederhana dan ekonomis sehingga mudah dikenal pembaca.

- Kesan yang ditinggalkan sangat mendalam sehingga pembaca ikut merasakan isi dari cerita pendek.

- Hanya satu kejadian saja yang diceritakan.

- Alur cerita tunggal dan lurus

- Penokohan pada cerpen sangat sederhana, tidak mendalam dan singkat

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian dan ciri-ciri cerita pendek. Terimkasih telah berkunjung semoga tulisan di atas dapat dijadikan referensi Anda. Baca artikel terkait menarik lainnya di bagian bawah artikel ini.
Rating: 4.5