koffieenco.blogspot.com

Sunday, July 12, 2015

Sistem Pencernaan Pada Manusia Dan Fungsinya



Sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya – Setiap makhluk hidup memerlukan energi guna menjaga kelangsungan hidupnya. Energi yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsinya, makanan yang telah dikonsumsi oleh setiap makhluk hidup akan diuraikan menggunakan organ sistem pencernaan. Pada tubuh manusia sistem pencernaan terjadi dari mulut yaitu proses pemecahan partikel menjadi partikel yang lembut, dan diakhiri oleh pembuangan sampah atau limbah makanan yang tidak bisa dicerna tubuh.

Sistem pencernaan pada manusia merupakan proses merubah makanan menjadi gizi maupun nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pencernaan yang terjadi pada manusia mendapat bantuan dari enzim yang dapat dihasilkan dari organ organ saluran sistem pencernaan seperti cairan enzim yang diperoleh dari mulut, dan juga lambung. Sudah tahukan anda bahwa sebenarnya sistem pencernaan tersebut memiliki beberapa fungsi yang sangat bermanfaat dalam menjaga kelangsungan hidup? Jika anda belum tahu, simaklah penjelasan dibawah yang akan menerangkan tentang sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya.

Sistem pencernaan pada manusia

Sistem pencernaan pada manusia dimulai dari mulut dan akan diakhiri dengan membuang limbah melalui saluran pembuangan. Sistem pencernaan tersebut merupakan suatu proses untuk merubah partikel makanan atau molekul yang masih kompleks untuk dirubah menjadi partikel yang lembut atau molekul yang sederhana dengan menggunakan bantuan enzim. Enzim yang membantu proses pencernaan pada manusia diperole dari organ organ sistem pencernaan seperti lambung, mulut, dan lain lain.

Semua zat makanan yang diperoleh dari hasil pencernaan akan diserap oleh tubuh melalui aliran darah yang disampaikan oleh usus halus. Sistem pencernaan pada manusia itu sendiri terdiri atas dua proses yaitu proses mekanik dan juga proses kimiawi. Proses pencernaan mekanik merupakan suatu proses untuk merubah makanan dari yang masih kasar atau besar menjadi makanan yang lembut atau kecil dengan menggunakan alat bantu gigi yang terdapat didalam mulut. Sedangkan proses pencernaan kimiawi merupakan proses perubahan molekul makanan yang bersifat kompleks menjadi molekul sederhana dengan menggunakan cairan enzim yang diperoleh dari organ sistem pencernaan seperti mulut dan juga lambung.

Sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya

Pada keterangan diatas telah dijelaskan bahwa sistem pencernaan pada manusia dimulai dari organ mulut dengan cara memecahkan makanan menjadi lebih halus dan akan diakhiri dengan pembuangan limbah melalui saluran pembuangan. Sistem pencernaan pada manusia itu terdiri atas delapan buah organ yang meliputi :
  1. mulut
  2. tenggorokan 
  3. kerongkongan 
  4. lambung 
  5. usus halus 
  6. usus besar 
  7. pankreas 
  8. saluran pembuangan
Bicara mengenai sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya. Ada beberapa fungsi dari sistem pencernaan tersebut, anatara lain adalah : 
  • berfungsi guna menerima semua makanan
  • berfungsi guna memecahkan semua makanan yang dimakan untuk dirubah menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh 
  • berfungsi guna menyerap semua gizi atau nutrisi yang sudah diperoleh dari proses pencernaan 
  • berfungsi untuk membuang limbah atau sampah yang tidak bisa dicerna
Rating: 4.5