koffieenco.blogspot.com

Tuesday, July 7, 2015

Enzim Pada Mulut Dan Usus Halus



Enzim pada mulut dan usus halus – Jika kita bicara masalah pencernaan pada manusia, maka sebetulnya ada beberapa organ didalam tubuh yang membantu proses pencernaan. Organ organ yang membantu proses pencernaan adalah mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus meliputi usus kecil dan juga usus besar, pankreas, dan alat pembuangan. Proses pencernaan pada manusia diawali dari mulut dan akan diakhiri pada alat pembuangan.

Proses pencernaan merupakan proses menghancurkan partikel makanan yang besar menjadi pertikel yang lunak sehingga akan lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh. Pencernaan makanan adalah sebuah proses untuk menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan dari proses pencernaan tersebut digunakan untuk menjaga kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

Pada penjelasan diatas telah dijelaskan bahwa proses pencernaan makanan dimulai dari mulut, didalam mulut partikel makanan yang masih kasar dihaluskan dengan menggunakan gigi dan juga cairan enzim yang terdapat pada mulut. Cairan enzim tidak hanya terdapat pada mulut saja, melainkan juga terdapat di dalam lambung, dan juga usus. Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cairan enzim yang terdapat didalam mulut dan juga cairan enzim yang terdapat pada usus halus.

Enzim pada mulut

Mulut adalah organ pencernaan yang pertama kali digunakan. Dalam proses pencernaan makanan organ yang pertama kali bekerja adalah mulut. Makanan yang masih besar dan kasar akan dihancurkan didalam mulut dengan bantuan dari gigi dan juga cairan enzim. Mulut merupakan rongga yang terbuka sebagai tempat untuk masuknya makanan dan juga minuman baik pada hewan maupun manusia.

Pada manusia mulut terletak dibagian wajah depan, tepatnya berada di bawah hidung. Bagian dari mulut itu sendiri terdiri dari gigi dan juga lidah. Mulut itu sendiri dapat menghasilkan cairan enzim yang dapat membantu untuk melunakkan partikel makanan. Enzim pada mulut adalah enzim ptyalin yang berfungsi untuk merubah amilum menjadi zat maltose.

Enzim pada usus halus

Cairan enzim tidak hanya terdapat pada mulut saja, namun enzim juga ada pada usus halus. Usus adalah salah satu organ yang ada didalam tubuh manusia. Usus adalah bagian dari saluran sistem pencernaan yang bertugas untuk mengantarkan energy energy yang sudah diperoleh dari hasil pencernaan untuk disampaikan ke setiap bagian anggota tubuh melalui aliran darah.

Letak dari pada usus halus adalah ditengah tengah antara lambung dan juga usus besar. Usus halus ataupun usus kecil terbagi atas tiga macam yaitu usus dua belas jari yang dikenal juga dengan istilah duodenum, usus kosong atau jejunum, dan juga usus penyerapan alias ileum. Adapun enzim pada usus halus adalah sebagai berikut :
  1. Enzim enterokinase
  2. Enzim maltase 
  3. Enzim lactase 
  4. Enzim sukrase 
  5. Enzim paptidase 
  6. Enzim lipase
Rating: 4.5