koffieenco.blogspot.com

Thursday, July 30, 2015

Matahari Sebagai Pusat Tata Surya



Matahari sebagai pusat tata surya – Bicara masalah tata surya kita juga akan membahas tentang matahari. Kenapa demikian? Karena salah satu anggota dari tata surya adalah matahari. Matahari merupakan sebuah pusat tata surya. Nah, topik tersebut lah yang akan menjadi pembahasan saya kali ini. Kenapa matahari sebagai pusat tata surya? Sebelum saya menjawab dan menjelaskan pertanyaan tersebut, saya akan menjelaskan dulu tentang pengertian tata surya. Tata surya adalah bagian dari benda langit yang terdiri dari matahari, delapan planet yang terbagi menjadi dua yaitu planet dalam dan juga planet luar, komet, asteroid dan juga meteoroid. Dengan adanya penjelasan tersebut maka jelaslah sudah jika matahari adalah bagian dari anggota tata surya.

Pusat tata surya

Pada uraian yang ada di atas telah jelas di sebutkan bahwa pusat tata surya adalah matahari. Matahari adalah sebuah bintang yang berada di langit dan memiliki letak yang paling terdekat dengan bumi. Bintang adalah sebuah benda langit yang bisa untuk menghasilkan cahaya sendiri. Matahari merupakan salah satu dari seratus miliar lebih bintang yang berada pada galaksi bimasakti. Maka dari itu matahari memiliki letak yang sangat dekat dengan bumi, cahaya matahari akan jauh nampak lebih terang dan juga memiliki ukuran yang terlihat jauh lebih besar jika dibandingkan dengan berjuta juta bintang yang lainnya. Matahari dapat memancarkan cahaya, cahaya yang dipancarkan oleh matahari akan menghasilkan energi hal ini di sebabkan karena pada inti matahari terjadi sebuah reaksi fusi yang dapat menghasilkan sebuah energi yang besar.

Matahari sebagai pusat tata surya

Pada penjelasan diatas telah dijelaskan tentang pengertian tata surya, anggota tata surya, dan matahari sebagai salah satu anggota tata surya. Di atas juga telah dijelaskan tentang pengertian matahari. Namun yang menjadi pertanyaan diatas bukanlah pengertian tata surya dan juga pengertian matahari, melainkan mengapa matahari sebagai pusat tata surya? Pertanyaan tersebut belum dijawab pada beberapa uraian yang ada diatas. Pada uraian di bawah ini akan menjawab pertanyaan tersebut diatas.

Kita semua mungkin telah mengetahuai jika matahari merupakan sebuah bintang yang mempunyai massa begitu besar. Matahari memiliki gaya gravitasi dan karena gaya gravitasinya tersebutlah maka matahari dijadikan sebagai pusat dari tata surya. Meskipun pada kenyataan sesungguhnya matahari bukan merupakan sebuah bintang yang terbesar, akan tetapi bagi manusia matahari tersebut merupakan sebuah bintang yang sangat besar dan juga paling besar hal ini di karena kan jarak dari matahari dan bumi yang sangatlah dekat. Maka dari itu matahari merupakan sebuah bintang yang sangat besar bagi manusia.

Jarak antara matahari dan bumi adalah seratus empat puluh Sembilan juta km untuk itu sering dibulatkan jadi seratus lima puluh juta km. Jarak tersebutlah yang sering disebut dengan istilah satu satuan astronom. Matahari memiliki diameter yang kira kira mencapai 1.390.000 km.
Rating: 4.5