koffieenco.blogspot.com

Tuesday, April 7, 2015

Teknik Dasar Renang




Teknik dasar renang harus dikuasai terlebih dahulu sebelum memulai berlatih gaya renang. Ada beberapa teknik dasar renang yang harus anda kuasai sebelum anda mempelajari dan berlatih gaya berenang. Teknik dasar renang berguna untuk mempermudah dan membantu anda berlatih gaya renang. Teknik dasar renang meliputi teknik pernafasan, teknik meluncur, dan teknik mengambang.

Berikut teknik dasar renang yang harus anda kuasai :
1. Pernafasan
Pernafasan merupakan hal yag sangat penting ketika berenang. Mampu mengatur nafas dengan baik ketika berenang merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam berenang. Cara berlatih teknik dasar pernafasan dengan berdiri rendah di pinggir kolam renang dengan posisi wajah tetap dipermukaan air. tarik nafas melalui mulut dan tahan hingga beberapa saat lalu masukkan kepala ke dalam permukaan air dan keluarkan nafas melalui hidung. Ulangi latihan pernafasan sebanyak 15 kali hingga anda menemukan irama pernafasan sendiri.

2. Meluncur
Meluncur adalah gerakan tubuh secara horizontal dibawah permukaan air. Cara berlatih teknik dasar meluncur adalah pertama-tama masuk ke dalam kolam renang yang dangkal dengan posisi membelakangi dinding kolam. Tempelkan salah satu telapak kaki pada dinding kolam dan jari-jari kaki menghadap ke arah bawah yang berfungsi sebagai tolakan untuk meluncur. Doronglah badan melalui gerakan tolakan kaki dan meluncurlah sejauh mungkin dengan posisi kedua tangan berada di depan dan sejajar. Usahakan agar kepala masuk dalam air dan telinga sejajar dengan lengan dan tangan. Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali hingga menemukan keseimbangan untuk tubuh anda.

3. Mengambang atau Mengapung
Mengambang atau mengapung adalah gerakan tubuh melayang-layang dibawah permukaan air sedangkan kepala tetap di atas permukaan air dengan dorongan tangan dan kaki sebagai penyeimbang. Teknik dasar mengambang atau mengapung dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :
a. Mengambang Terlentang
Cara berlatih gerakan mengambang terlentang dengan caramenarik tubuh ke belakang hingga kedua telinga terendam air. kedua tangan diregangkan hingga membentuk siku-siku sedangkan pergelangan tangan tetap lurus dan rileks. Telapak tangan ditekan ke bawah secara bersamaan atau bergantian sehingga tubuh tetap melayang di dalam air. kedua kaki digerakkan hingga menyyerupai huruf V.



b. Mengambang Tegak Lurus Secara Vertikal
Gerakan mengambang tegak lurus secara vertical merupakan gerakan yang paling sering digunakan ketika seseorang berenang. Gerakan mengambang tegak lurus secara vertikal ialah gerakan tubuh dengan posisi tubuh tegak lurus dibawah permukaan air sedangkan posisi kepala tetap berada diatas permukaan air sampai sebatas dagu. Tangan dan kaki tetap digerakan untuk memberikan keseimbangan agar tubuh tetap melayang dipermukaan air. gerakan tangan dengan meregangkan kedua tangan hingga membentuk siku-siku sedangkan pergelangan tangan tetap lurus dan rileks. Untuk gerakan kaki berilah jarak diatara kedua kaki kemudian dorong telapak kaki ke bawah secara bergantian. Anda dapat melakukan latihan ini di tepi kolam dengan memanfaatkan pegangan besi di tepi kolam sebagai pegangan. Latihan ini berguna ntuk melatih keseimbangan dan menambah keberanian anda untuk memasuki kolam yang lebih dalam lagi.
Demikianlah beberapa cara melakukan teknik dasar renang, selamat mencoba.
Rating: 4.5