koffieenco.blogspot.com

Wednesday, August 6, 2014

Format Multimedia Pembelajaran Interaktif



Multimedia Pembelajaran Interaktif - Ketika kita membicarakan tentang sebuah kegiatan pembelajaran maka hal tersebut akan mengantarkan kita untuk membicarakan tentang inovasi apa saja yang selama ini dilakukan oleh para penggerak pendidikan untuk memunculkan sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif. Salah satunya adalah inovasi multimedia pembelajaran. Kali ini saya akan mengulas secara lengkap tentangnya, jadi penting bagi anda untuk menyimak hal-hal yang daya sajikan berikut ini dengan seksama.

Ada beberapa format multimedia pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi para peserta didik dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Beberapa format multimedia tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Format tutorial. Format multimedia pembelajaran yang satu ini merupakan format yang simpel dan mudah dipahami oleh para peserta didik. Karena umumnya format multimedia yang satu ini layaknya penyampaian materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik, namun bedanya berbentuk tutorial atau cara-cara melakukan sesuatu hal atau petunjuk kerja saja. Kelebihannya jelas saja terdapat pada efisiensi penggunaannya bagi peserta didik.
  2. Format drill dan practice. Format multimedia pembelajaran yang satu ini lebih mendasarkan pada kebutuhan para peserta didik untuk berlatih secara berkesinambungan agar mereka dapat lebih memahami terkait dengan materi pembelajaran atau suatu konsep tertentu. Pada format multimedia seperti ini biasanya berisikan sola atau tes yang berfungsi untuk melatih para peserta didik.
  3. Format eksperimen. Para peserta didik biasanya suka untuk mempelajari hal baru yang membuat mereka mencoba mengaplikasikan banyak hal. Dan hal tersebut dapat dilakukan dengan multimedia pembelajaran berformat eksperimental atau percobaan. 
  4. Multimedia pembelajaran berbasis game. Ketika kita membicarakan tentang media pembelajaran yang menarik perhatian para peserta didik. Maka multimedia pembelajaran berbasis game atau permainan akan menjadi salah satu jenis multimedia pembelajaran yang efektif. Pertama karena dengan adanya multimedia pembelajaran yang semacam ini maka akan menarik perhatian para peserta didik. Sehingga dengan hal tersebut dapat membangkitkan minat dan semangat para peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan kepada anda sekalian pada kesempatan kali ini. Semoga dengannya beberapa hal yang telah saya rangkum di atas dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan menarik di perjumpaan kita yang selanjutnya.
Rating: 4.5