koffieenco.blogspot.com

Saturday, February 27, 2016

Pengertian Penawaran dan Permintaan



Pengertian Penawaran dan Permintaan - Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yang saling memiliki keergantungan antara yang satu dengan yang lainnya. Manussia saling bergantung agar dapat bertahan hidup dan memenuhi kebutuhannya. Setiap manusia pasti akan membutuhkaan produk yang tdak dapat ia hasilkan namun dapat dihasilkan oleh orang lain baik hal tersebt berupa barang ataupun jasa sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagai contoh misalkan saja, kita membeli beras, gula, kopi dan lain sebagainya karena kita tidak mampu membuatnya. Manusia akan selalu berusaha memenuhi barang dan jasa yang diproduksi orang lai sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kemampuannya. Dalam memnuhi kebutuhan tersebut erat kaitannya denga permintaan dan penaawaran. Berikut pengertian permintaan dan penawaran:

Pengertian Penawaran

Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa yang ditawarkan dengan harga tertentu dan dalam waktu tertentu, hal ini merupakan upaya yang dilakukan produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen, pihak produsen akan menyediakan berbagai jenis barang dan jasa yang dapat dipilih konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Barang dan jasa yang merupakan hasil produksi ini kemudian ditawarkan dan dijual kepada konsumen dengan tingkat harga tertentu. permintaan masyarakat erat kaitannya dengan pembelian dan pemakainan sedangkan penawaran masyarakat erta kaitannya dengan peneyediaan dan penjualan. Jadi pada intinya penawaran adalah sejumlah barang maupun jasa yang disediakan oleh produsen untuk dijual kepada masyarakat dengan tingkat harga dan situasi tertentu.

Pengertian Permintaan

Permintaan merupakan sejumlah barang maupun jasa yang diminta atau yang akan dibeli oleh masyarakat atau konsumen dengan harga tertentu dan dalam waktu tertentu. Masyarakat atau konsumen membeli barang maupun jasa yang ditawarkan oleh produsen sebagai upaya untuk memenuhi keperluannya. Keadaan ini mempengaruhi tingkat harga sutu barang atau jasa. Berbagai tingkat harga yang beredar di pasaran pada akhirnya mempengaruhi kualitas dari barang maupun jasa yang ditawarkan. Barang, jasa, harga dan kondisi merupakan unsur-unsur yang mempengaruhi sebuah permintaan. Jadi kesimpulannya permintaan merupakan jumlah barang maupun jasa yang akan dibeli pada situasi tertentu dengan harga tertentu.
Adapun faktor�faktor yang mempengaruhi penawaran dan permitaan diantaranya yaitu:

Faktor�faktor permintaan
  • Tingkat pendapatan 
  • Jumlah kepadatan penduduk
  • Selera 
  • Fluktuasi
  • Harga barang atau jasa yang diinginkan
  • Harga subsitusi
  • Faktor luar seperti hub. Sosial, harapan, maupun politik 
Besaran permintaan tergantung dari tinggi rendahnya harga yang ditawarkan.

Penawaran
  • Biaya dari proses produksi serta teknologi yang digunakan dalam produksi 
  • Tujuan dari perusahaan, apakah ingin mencari keuntungan yang banyak atau tidak'
  • Pajak yang dibebankan kepada perusahaan oleh negara
  • Perkiraan harga di masa yang akan datang.
Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian penawaran dan permintaan, semga bermanfaat. Baca: Faktor inflasi
Rating: 4.5