koffieenco.blogspot.com

Thursday, August 6, 2015

Fungsi Hati Dalam Sistem Pencernaan Manusia



Fungsi hati dalam sistem pencernaan manusia – Hati merupakan salah satu organ yang terdapat dalam tubuh manusia. Hati memiliki berbagai macam fungsi bagi tubuh manusia. Salah satu fungsi hati adalah sebagai alat yang membantu proses pencernaan pada manusia. Sebelum saya bahas secara lebih lanjut tentang fungsi hati dalam sistem pencernaan manusia, saya bahas dulu lebih dalam tentang letak hati. Hati yang terdapat di dalam tubuh manusia terletak pada rongga perut yang berada di bagian kanan. Hati pada manusia itu terdiri dari dua buah lobus yang besar dan terletak di bagian kanan dan juga bagian kiri. Hati pada manusia itu pada umumnya memiliki berat kurang lebih hingga dua kilo gram.

Fungsi hati pada manusia

Saat ini, anda pasti sudah tahu dimana letak hati yang sesungguhnya. Letak hati yang sesungguhnya adalah berada di dalam rongga perut bagian kanan. Pada uraian diatas telah dikatakan bahwasanya hati manusia memiliki berat kurang lebih hingga dua kilo gram. Setelah anda mengetahui lebih dalam tentang hati, ada satu hal yang perlu anda ketahui lagi setelah letaknya. Satu hal yang perlu anda ketahui lagi adalah mengenai fungsi hati. Anda sangat perlu untuk mengetahui fungsi hati pada manusia. Diatas juga telah saya sebutkan bahwa salah satu fungsi hati pada manusia adalah sebagai salah satu organ yang membantu proses pencernaan. Apakah fungsi hati dalam sistem pencernaan manusia? Berikut penjelasannya.

Fungsi hati dalam sistem pencernaan

Hati merupakan sebuah organ yang terbesar yang ada dalam tubuh manusia selain kulit. Salah satu fungsi hati pada manusia adalah membantu dalam sistem pencernaan. Fungsi hati dalam sistem pencernaan tersebut ada tiga yaitu :
  1. Hati sebagai penghasil empedu. Fungsi hati dalam sistem pencernaan yaitu untuk menghasilkan empedu. Empedu yang dihasilkan oleh hati sangat diperlukan dalam proses pencernaan untuk memecahkan lemak. Hati bertugas untuk membuat empedu dan juga menyimpannya pada kantong empedu. Pada saat seseorang telah mengkonsumsi suatu makanan yang berlemak, maka kandung empedu akan segera melepas cairan empedu ke lambung guna membantu asam untuk memecahkan lemak yang terdapat pada lambung.
  2. Hati bertugas untuk memproses nutrisi dan juga racun. Pada saat seseorang makan, maka lambung dan juga usus halus akan mencerna makanan yang manusia itu makan. Makanan yang telah dipecahkan akan segera diserap pada dinding usus dan akan berjalan menuju ke hati. Kemudian hati akan memecah zat tersebut untuk bisa diolah lebih lanjut oleh organ pencernaan selanjutnya. 
  3. Hati sebagai penerima dan juga penghasil glukosa. Hati merupakan sebuah organ yang paling banyak menghasilkan dan juga menerima glukosa. Glukosa yang diterima atau di hasilkan oleh hati kemudia akan di gunakan untuk proses pencernaan di dalam usus halus.
Rating: 4.5