Strategi
belajar mengajar ini adalah sebuah cara untuk memilih dan
menyampaikan sebuah bahan pembelajaran atau materi pembelajaran yang
berada di dalam suatu lingkungan tertentu. Pengajaran ini mempunyai
sebuah sifat seperti urutan sebuah kegiatan yang dapat memberikan
sebuah pengalaman pada para anak didik. Untuk strategi belajar
mengajar ini tidak hanya akan di batasi oleh sebuah prosedur kegiatan
akan tetapi juga di dalamnya terdapat sebuah materi dan paket cara
pengajarannya. Untuk sebuah strategi belajar mengajar ini di perlukan
sebuah tingkah laku untuk dapat membantu para siswa dapat mencapai
sebuah tujuan yang di kehendaki oleh para pengajar secara tepat dan
tidak keluar dari tujuan awal.
Menurut
dari Gropper yang sesuai dengan Ely bahwa di jelaskan di perlukan
sebuah strategi belajar mengajar yang berkaitan erat dengan tujuan
para pengajar. Beliau mengatakan bahwa untuk setiap strategi untuk
belajar mengajar ini adalah suatu rencana supaya dapat mencapai
sebuah tujuan yang baik dan tepat. Strategi ini lebih ke arah para
siswa supaya para siswa dapat benar-benar paham dan mengerti apa
tujuan dari sang pengajar berikan. Strategi ini dapat lebih luas dari
pada sebuah metode ataupun teknik pengajaran.
Metode
itu sendiri merupakan sebuah cara dimana dalam fungsinya adalah salah
satu alat untuk dapat mencapai sebuah tujuan. Dan hal ini juga akan
berlaku untuk semua para pengajar atau para guru ataupun juga untuk
para siswanya. Semakin baiknya metode pengajaran yang di pakai maka
hal ini juga akan semakin efektif pula mencapai sebuah tujuan yang di
harapkan.
Terkadang
sering kali sebuah metode pengajaran di bedakan dengan adanya sebuah
teknik, dan sedangkan metode ini bersifat procedural. Pada teknik ini
lebih memiliki sifat yang implementatif. Maksudnya ialah sebuah
pelaksanaan yang sesungguhnya dapat terjadi sesuai dengan tujuan dan
mencapai suatu tujuan tersebut.
Maka
dapat di simpulkan bahwa untuk mencapai sebuah strategi belajar
mengajar ini di butuhkan sebuah metode serta teknik yang sesuai
dengan prosedur untuk dapat menjamin semua siswa supaya dapat
mencapai sebuah tujuan. Teknik dan juga metode merupakan sebuah
sistem yang juga bagian dari strategi belajar mengajar.