koffieenco.blogspot.com

Wednesday, March 2, 2016

Pengertian Sistem Politik



Pengertian Sistem Politik - pengertian sistem politik secara umum ialah sebuah sistem yang terdapat dalam suatu negara yang didalamnya telah terdapat organisasi. Berikut beberapa pengertian sistem politik menurut para ahli:

Pengertian sistem politik menurut Samuel P. Huntington

Menurut Samuel P. Huntington pengertian sistem politik terbagi atas lima pengertian yang disesuaikan dengan komponen yang dimilikinya yaitu:
  • Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah kultur, yaitu sistem yang terdiri dari seerangkat values atau nilai-nilai, attitudes atau sikap-sikap, orientation orientation atau orientasi, myths atau mitos dan beliefs atau kepercayaan yang dipandang relevan terhadap poltik dan dapat membawa pengaruh dalam masyarakat. 
  • Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah struktur masyarakat, yaitu merupakan organisasi yang berbasis formal yang ada didalam tatanan masyarakat di mana strukstur tersebut digunakan untuk menjalankan suatu putusan yang berwenang, misalnya saja seperti partai politik, badan perwakilan rakyat, badan eksekutif dan badan birokrasi.
  • Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah Kelompok atau The political system as a group yang membentuk kelompok sosial dan ekonomi baik kelompok yang formal ataupun kelompok nonformal
  • Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah kepemimpinan di dalam lembaga lembaga politik 
  • Sistem politik yang dinilai sebagai sebuah kebijakan pola kegiatan pemerintahan 
Pengertian sistem politik menurut Robert Dahl

Menurut Robert Dahl pengertian sistem politik ialah sistem yang membentuk suatu pola yang tetap dari hubungan yang terjalin antar manusia yang melibatkan makna aturan-aturan, kekuasaan dan kewenangan.

Pengertian sistem politik menurut David Easton

Menurut David Easton pengertian sistem politik ialah sistem yang terdiri dari seperangkat nilai-nilai yang bersifat paksaan serta mengikat sebuah masyarakat disuatu negara secara keseluruhan. Davin Easton juga mengemukakan bahwa sistem politik dapat pula dikenal sebagai suatu interaksi yang dapat diabstraksikan dari keseluruhan tingkat sosial, melalu makna yang dialokasikan secara otoritatif. Baca: Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli 

Pengertian Sistem Politik oleh Gambriel Almond

Menurut Gambriel Almond pengertian sistem politik ialah sistem yang meliputi kegiatan interaksi dalam masyarakat yang merdeka yang menjalankan fungsi dari integrasi serta adaptasi sosial yang dijalankan untuk mencapai kesatuan dan persatuan didalam tatanan masyarakat yang ada didalam sebuah negara yang bersangkutan.

Pengertian sistem politik menurut Rusadi Sumintapura

Menurut Rusadi Sumintapura pengertian sistem politik ialah sistem yang mekanisme dari seperangkat fungsi atau tatanan dalam struktur politik.

Pengertian sistem politik menurut Sukarna

Menurut Sukarna pengertian sistem politik ialah sistem yang mengatur atau mengelola kekuasaan dalam negara dan mempertahankan kedudukan dari sebuah kekuasaan dalam negara. Selain itu sistem tersebut juga mengatur hubungan pemerintah dengan warga negaranya, negara dengan negara, atau rakyat dengan rakyatnya. Baca: Budaya dan Sistem Politik di Indonesia
Rating: 4.5