koffieenco.blogspot.com

Saturday, September 5, 2015

Khasiat Belimbing Manis



Buah belimbing manis sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis serta kandungan gizinya yang sangat tinggi. Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, Tanaman belimbing manis juga mempunyai khasiat sebagai obat.
Khasiat Belimbing Manis sebagai Obat Tradisional
Khasiat Belimbing sebagai Obat Tradisional
Mengkonsumsi buah belimbing manis yang sudah matang dapat juga menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolestrol, mencegah kanker, serta memperlancar pencernaan. Secara ilmiah, kandungan racun (toksisitas) akut tanaman belimbing manis terbukti tidak beracun dan aman digunakan. Daun buah belimbing dapat digunakan untuk mengobati sakit beguk (gondong). cacar air, demam, dan wasir.

Beberapa ramuan (resep) obat tradisional dari tanaman belimbing adalah sebagai berikut.

  1. Obat demam. Ramuannya adalah daun belimbing digerus dan diperas airnya untuk langsung diminum. Dapat pula dengan cara merebus 2 mangkuk daun belimbing rajangan dalam 2 liter air selama 10 menit, kemudian disaring dan didinginkan selama 2 jam lalu dikompreskan pada penderita.
  2. Obat peradangan usus. Ramuannya adalah dengan meminum rebusan daun beimbing.
  3. Cacar air. Ramuannya adalah dengan cara menghancurkan atau merajang daun belimbing muda, kemudian diambil sarinya. Setelah itu bubuhkan sari tersebut pada kulit atau luka untuk menghilangkan rasa gatal, dilakukan 3 kali sehari.
Demikianlah informasi mengenai Khasiat Belimbing Manis sebagai Obat Tradisional, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5