koffieenco.blogspot.com

Tuesday, January 6, 2015

Pengertian Massa Jenis



Pernahkah teman-teman mendengar istilah massa jenis ? apakah massa jenis sama dengan massa benda ? untuk lebih memahami istilah massa jenis perhatikan uraian berikut !

Apa itu massa jenis ?
Massa jenis zat merupakan hasil bagi antara massa zat dan volume zat . Massa jenis zat sebanding dengan massa zat dan berbanding terbalik dengan volume zat. Rumus massa jenis dapat dituliskan :
ρ = m / v
dimana :
ρ : massa jenis zat
m : massa zat
v : volume zat

Bagaimana dengan satuan massa jenis ?
Saat belajar besaran dan satuan teman – teman masih ingakah dengan besaran pokok dan besaran turunan ? massa merupakan salah satu dari 7 besaran pokok, sedangkan massa jenis merupakan salah satu besaran turunan. Satuan massa jenis diturunkan dari besaran pokok massa (kg) dan besaran pokok panjang (m). Satuan massa jenis dalam SI adalah kg/m3. Satuan massa jenis yang lain adalah gram/cm3.

Bagaimana cara menentukan massa jenis suatu zat ?
1.  menentukan massa jenis zat padat
a. Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya teratur.
Menetukan massa jenis zat yang bentuknya teratur dengan cara menentukan massa benda tersebut dengan cara menimbang benda menggunakan neraca. Kemudian menghitung volume benda tersebut menggunakan rumus volume bangun ruang. Massa jenis benda dapat diketahui dengan cara membagi massa benda dengan volume benda.
b. Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya tidak teratur.
untuk menentukan massa jenis zat yang bentuknya tidak teratur , seperti kerikil. Langkah pertama yang harus teman- teman lakukan adalah menentukan massa benda dengan cara menimbang benda tersebut menggunakan neraca. Langkah selanjutnya teman – teman menyediakan gelas ukur, kemudian gelas tersebut di isi dengan air. Teman-teman catat volume gelas ukur tersebut kemudian masukkan kerikil ke dalam gelas ukur dan catat volume gelas ukur setelah diberi kerikil. Hitung volume batu dengan cara mengurangi volume air di dalam gelas ukur setelah diberi kerikil dan volume air sebelum di beri kerikil. Kemudian hitung massa jenis keriki dengan cara membegi massa kerikil dengan volume kerikil.

2. Menentukan massa jenis zat cair
Massa jenis zat cair diukur menggunakan hidrometer. Untuk mengetahui massa jenis suatu zat cair dengan cara memasukkan hidometer ke dalam zat cair yang akan diukur. Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan hidrometer adalah semakin dalam hidrometer tercelup maka massa jenis zat cair yang diukur semakin kecil.
hidrometer
Apa manfaat menghitung massa jenis suatu zat ?
Dengan menghitung massa jenis suatu zat temna-teman dapat memanfaatkan zat tersebut untuk suatu tujuan tertentu. Misalnya menghitung massa jenis aluminium, maka teman – teman dapat mengetahui mengapa aluminium digunakan sebagai bahan membuat pesawat terbang ?aluminium dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pesawat terbang karena massa alumium kecil, sehingga massa jenis alumnium juga kecil. Massa jenis aluminium lebih kecil daripada massa jenis udara sehingga apesawat dapat terbang di udara
Rating: 4.5