koffieenco.blogspot.com

Sunday, January 11, 2015

Gaya Gesek Statis



Apa itu gaya gesek statis ?gaya gesek merupakan slah satu jenis gaya sentuh. Gaya gesek ialah gaya yang diakibatkan oleh dua permukaaan benda yang bersentuhan. Gaya gesek dipengaruhi oleh kekasaran dua permukaan benda yang bersentuhan. Semakin kasar permukaan dua benda yang bersentuhan gaya gesek yang bekerja juga akan semakin besar, begitupun sebaliknya semakin licin permukaan dua benda yang bersentuhan semakin kecil pula gaya gesek yang bekerja.

Pengertian Gaya Gesek Statis
Gaya gesek dibedakan menjadi dua jenis yaitu gaya gesek statis dan gaya gesek kinetis. Pada uraian kali ini hanya akan membahas tentang gaya gesek statis.
Gaya gesek statis
merupakan gaya yang bekerja pada dua permukaan benda, arah gaya gesek statis selalu berlawanan dengan arah gaya luar yang diberikan pada benda. Gaya gesek statis bekerja pada benda yang diam. Berarti jka benda sudah bergerak maka gaya gesek satatis sudah tidak ada. Apakah pada benda yang bergerak masih ada gaya gesek ? jawabannya masih. Pada benda yang bergerak bekerja gaya gesek kinetis yang arahnya berlawanan dengan arah gerak benda.

Rumus Gaya Gesek Statis

Selain dipengaruhi oleh faktor kekasaran benda, gaya gesek juga dipengaruhioleh nilai koefisien gesekan µ (miu). Untuk menghitung besarnya gaya gesek statis yang bekerja pada benda digunakan persamaan :
fs : N . µs
dengan :
fs : gaya gesek statis (N)
N : gaya normal benda (N)
µs : koefisien gesekan statis

Aplikasi Gaya Gesek Statis
1. fs > F
jika gaya gesek statis yang bekerja pada suatu benda lebih besar dari gaya luar yang diberikan pada benda maka benda tetap diam.

2. fs = F
jika gaya gesek statis yang bekerja pada suatu benda sama dengan gaya luar yang diberikan pada benda maka benda tepat akan bergerak.

Contoh soal gaya gesek statis
1. sebuah balok yang bermassa 5 kg, jika balok ditarik dengan gaya 10 N ke arah kanan. Hitung besarnya gaya gesek statis yang bekerja pada balok tersebut jika koefisien gesekan statis 0.2 ?
diketahui :
m = 5 kg
F = 10 N
µs = 0.2
ditanya :
fs . . . . ?
sebelum menjawab soal uraikan dulu gaya gaya yang bekerja pada benda



Karena benda bergerak mendatar maka
Fy = 0
N – W = 0
N = W
N = m.g
N = 5 (10)
N = 50 N
fs = N . µs
fs = 50 N (0.2)
fs = 10 N
jadi gaya gesek statis yang bekerja pada balok 10 N, karena fs = F maka balok tepat akan bergerak. Demikianlah sekilas tentang gaya gesek statis semoga bermanfaat.
Rating: 4.5