koffieenco.blogspot.com

Sunday, November 30, 2014

Cara Menulis Arab di Word



Apakah anda sudah bisa dan mengerti cara menulis arab di word? Word atau yang biasa dikenal microsoft office word adalah sebuah perangkat lunak aplikasi yang dipakai untuk mengolah kata. Hampir semua orang yang memakai komputer tentu memiliki aplikasi pengolah kata ini. sebagian besar pemilik komputer atau laptop lebih banyak menggunakan aplikasi word dibanding aplikasi pengolah kata yang lain seperti wordpad ataupun notepad.

Bagi anda yang belum mengetahui cara menulis arab di word maka anda membaca artikel yang tepat. Mungkin selama ini anda kesulitan saat harus menulis huruf arab secara manual. Mulai sekarang tidak perlu bingung lagi, karena anda bisa memanfaatkan aplikasi microsoft office word untuk menulis arab. Menulis arab di word tidak serumit seperti belajar menulis artikel.

Dengan menggunakan aplikasi microsoft oficce word maka tulisan arab yang dihasilkan akan lebih rapih dan bisa diatur ukuran hurufnya sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Anda juga bisa memilih warna huruf arab yang anda kehendaki.

Untuk menulis arab di word sangatlah mudah. berikut adalah cara bagaimana menulis huruf arab di word

Pertama anda cek terlebih dahulu apakah microsoft oficce word anda sudah ditambahkan metode input keyboard dengan menggunakan huruf arab atau belum. Caranya lihatlah dan klik pada taksbar di bagian pojok kanan bawah. Biasanya tulisannya IN atau En. Anda klik tulisan tersebut jika ada pilihan arabic ( saudi arabia ) berarti anda bisa langsung menulis dengan huruf arab di word.

Namun jika belum ada maka anda harus mengikuti langkah- langkah berikut :

1. Bukalah control panel melalui klik start-control panel

2. Apabila sudah terbuka jendela control panel, anda lihat pada bagian pojok kanan atas ada tulisan “view” anda pastikan sudah tertulis “category” jika belum anda klik dan pilih “category”

3. Masih pada halaman yang sama sekarang pindahkan kursor anda pada bagian clock,language and region anda klik “change keyboards or other input methods”

4. Setelah anda klik maka akan muncul sebuah tampilan baru. Anda klik pada “change keyboards”

5. Setelah muncul sebuah tampilan baru, anda klik pada tanda (+) yang ada di bagian kiri tulisan “arabic ( saudi arabia )”, maka akan ditampilkan dua pilihan lagi, anda klik tanda ( + ) di bgian samping tulisan “keyboards”

6. Setelah itu anda klik kotak dibagian samping tulisan arabic (101), arabic(102) dan arzety sampai muncul tanda centang atau ceklis. Kemudian klik “ok”

7. Maka proses menambahkan metode inputan keybiard huruf arab sudah selesai. Untuk memastikan berhasil atau tidaknya anda buka program microsoft oficce word anda dan lihat pada bagian taskbar sebelah pojok kanan bawah sudah adakah pilihan arabic (saudi arabia) jika sudah maka anda berhasil

8. Untuk mulai menulis huruf arab silahkan anda klik pada taksbar bagian bawah tadi yang biasanya bertuliskan IN atau EN anda ganti menjadi “arabic (saudi arabia)” dan anda bisa mulai mnulis arab di word. Apabila anda ingin mnggantinya menjadi tulisan latin lagi maka anda tinggal klik tulisan arabic dan diganti menjadi IN atau EN

Itulah langkah-langkah atau cara menulis arab di word. Semoga artikel saya tentang menulis arab di word ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan anda.
Rating: 4.5