koffieenco.blogspot.com

Friday, March 7, 2014

Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Anak



Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan di mana terjadi sebuah transfer ilmu atau informasi dari seorang tenaga pendidik kepada seorang peserta didiknya. Dalam sebuah kegiatan pembelajaran ini terdapat berbagai macam komponen yang memiliki peranan penting yang saling mengait satu sama lainnya sehingga jika kita berkeinginan untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang baik dan efektif maka pemaksimalan komponen yang terdapat di dalamnya merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada seorang individu ini maka ada banyak sekali pengembangan model pembelajaran mulai dari strategi dan metode yang digunakan oleh tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Salah satunya adalah metode pembelajaran inkuiri.

Metode pembelajaran inkuiri merupakan sebuah metode pembelajaran yang menitik beratkan pada seorang peserta didik yang dituntut untuk menemukan hal baru dalam kegiatan pembelajaran atau dengan kata lain dapat kita katakan bahwa pembelajaran inkuiri ini akan mengajarkan kepada seorang peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran secara ilmiah. Peran seorang tenaga pendidik sangat terbatas dalam pembelajaran inkuiri ini yakni sebagai peletak metode atau pembelajaran dasar saja. Setelah itu mereka memberikan tugas kepada para peserta didik untuk berpikir kritis terhadap sebuah permasalahan sehingga mereka dapat memecahkan sebuah permasalahan terkait dengan pembelajaran secara mandiri tetapi tetap berada dalam pengawasan dari tenaga pendidik dalam pelaksanaannya.

Sebagai sebuah metode pembelajaran tentu saja metode pembelajaran inkuiri ini tak lepas dari berbagai macam kelebihan dan kelemahan yang ada padanya. Kelebihannya adalah dengan metode pembelajaran semacam ini anak akan lebih aktif, dan jika dilakukan secara konsisten maka dapat meningkatkan rasa keingintahuan yang besar pada anak sehingga mereka memiliki gaya pemikiran yang lebih kritis dan diharapkan akan dapat melahirkan pemikiran baru nantinya. Kelemahannya adalah dalam menerapkan pembelajaran ini maka seorang tenaga pendidik harus lebih dahulu melakukan observasi kepada para peserta didiknya apakah memang mampu atau tidak, karena pada dasarnya pembelajaran ini akan berlangsung dengan efektif jika para peserta didik yang terlibat di dalamnya memiliki tingkat intelegensi yang tinggi.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan tentang pembelajaran inkuiri ini, semoga memberi manfaat untuk anda.
Rating: 4.5