koffieenco.blogspot.com

Thursday, July 31, 2014

Metode Pembelajaran Inovatif Part II



Metode Pembelajaran Inovatif - Selain metode pembelajaran biasa yang banyak kita ketahui, saat ini terdapat metode pembelajaran inovatif lainnya yang diharapkan akan dapat efektif ketika digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Di antaranya metode pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut.

1. Metode Eksperimen. Pada dasarnya setiap peserta didik memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Dan hal tersebut dapat dilihat sebagai sebuah hal yang positif oleh tentang pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya. Terutama dalam hal metode pembelajaran yang digunakan. Metode eksperimen ini dapat dijadikan sebagai sebuah metode efektif karena para peserta didik akan memiliki pengalaman langsung terkait dengan materi pembelajaran.

2. Metode pembelajaran Ceramah plus. Banyak di antara para tenaga pendidik yang merasa nyaman saat menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran atau sebuah metode yang mana kegiatan pembelajaran dilakukan secara langsung dari tenaga pendidik pada peserta didiknya (lisan). Tetapi sayangnya para tenaga pendidik banyak yang tidak menyadari bahwa metode semacam ini seringkali membuat para peserta didik merasa bosan dan kehilangan minat belajar yang mereka miliki. Salah satu upaya inovasi untuk mengembangkan metode ini menjadi lebih menyenangkan adalah dengan memberikan tambahan metode menjadi ceramah plus interaksi sehingga kegiatan pembelajaran yang berlangsung tidak akan monoton dan lebih menarik.

3. Metode pembelajaran berbasis kerjasama. Metode pembelajaran semacam ini sangat baik digunakan untuk kondisi peserta didik seperti sekarang ini. Mengapa? Coba anda lihat di sekeliling anda, saat ini nilai sosial yang dimiliki oleh para peserta didik cenderung menurun. Sehingga dengan metode yang semacam ini diharapkan akan mampu memantik kembali semangat sosial yang selama ini telah mengakar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

4. Metode pembelajaran berbasis lingkungan. Metode pembelajaran ini menjadikan lingkungan sebagai media pembelajaran yang ideal. Hal ini sangat baik untuk diterapkan di Indonesia karena Negara kita ini memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah dan sangat menunjang sebuah proses kegiatan pembelajaran yang demikian. Sehingga jika hal ini diperhatikan maka para peserta didik kita pun akan dapat berkembang dengan baik.

Demikialah yang dapat saya uraikan pada kesempatan yang istimewa ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian. Sampai jumpa di ulasan yang selanjutnya.
Rating: 4.5