koffieenco.blogspot.com

Tuesday, December 23, 2014

Usaha dan Energi kelas XI



Pada saat duduk di bangku SMP pasti teman-teman sudah pernah belajar usaha dan energi. Masih ingat gak apa itu usaha dan energi ? nah kalau sudah lupa, perhatian uraian berikut. Usaha dan energi yang akan dipelajari di kelas XI sedikit lebih detail dari usaha dan energi yang dipelajari saat masih duduk di bangku SMP. Tetapi konsepnya tetap sama.

Pernahkah teman-teman mendorong meja ?meja yang teman-teman dorong akan berpindah (bergeser). Hal ini karena ada gaya dorong yang diberikan oleh teman-teman terhadap meja sehingga menyebabkan meja berpindah. Pada saat medorong meja berarti teman-teman melakukan usaha terhadap meja tersebut.

Pengertian usaha

Dalam fisika usaha diartikan sebagai gaya yang diperlukan untuk memindahkan benda sejauh s. Dari definisi tersebut dapat disimpulan jika benda yang diberi gaya tidak berpindah maka usaha sama dengan nol. Besar usaha di tuliskan :
W = F . S
Dimana :
W = Usaha (J)
F = Gaya (N)
S = Perpindahan (m)


Apabila gaya yang diberikan pada benda tidak searah dengan perpindahan benda tetapi membentuk sudut sebesar α , seperti yang ditunjukka pada gambar , besar usaha ditentukan :

W = F . s cos α 

2. Pengertian Energi
Dalam fisika energi merupakan besaran fisis yang tidak dapt dilihat tetapi dapat dirasakan. Contoh : energi bunyi, energi angin. Eergi bersifat kekal dan dapat berubah dari satu bentuk energi menjadi energi yang lain. Contoh : energi listrik erubah menjadi energi gerak pada kipas angin. Di kelas XI kita akan mempelajari energi potensial dan energi kinetik.

a. Energi Potensial
Energi potensial didefinisikan sebagai energi yang dimiliki yang dimiliki benda karena kedudukan (ketinggian) benda terhadap titik acuan. Umumnya permukaan bumi digunakan sebagai titik acuan.
Ep = m x g x h
Dimana :
Ep = energi potensial (J)
m= massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi bumui (m/s2)
h = ketinggian benda terhadap titik acuan (m)

Untuk lebih memahami energi potesial perhatikan gambar


Benda A, B, C, dan D bermassa sama, kedudukan benda deperti yang ditunjukkan pada gambar. Perbedaan kedudukan benda enyebabkan energi potensial juga berbeda. Energi potensial terbesar dimiliki oleh benda A dan energi potensial trkecil dimiliki oleh benda D. Besar energi potensial sebanding dengan massa benda dan ketinggian benda terhadap titik acuan.

b. Energi Kinetik
Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda bergerak. Contoh mobil yang melaju di jalan raya. Energi kinetik dipengaruhi oleh massa benda dan kecepatan benda. Energi kinetik dirumuskan
Ek = ½ m x v2
Dimana :
Ek = energi kinetik (joule)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan benda (m/s)
Rating: 4.5