koffieenco.blogspot.com

Friday, August 8, 2014

Pembelajaran Berbantuan Komputer



Pembelajaran berbantuan komputer ialah suatu pembelajaran yang dibantu kerja computer. Anak-anak sangat senang jika belajar computer, karena di dalam proses belajar tersebut, para murid diberikan kesempatan untuk praktek langsung dan mencoba jalannya computer.

Pelajaran komputer tidak hanya menjelaskan dalam teori saja, namun sang guru terlibat langsung dalam menjelaskannya melalui media computer yang telah disiapkan dalam lab computer. Sekolah harus menyediakan beberapa lab diantaranya adalah lab IPA dan juga lab computer. Jika sekolah tidak menyediakan fasilitas tersebut, maka dipastikan bahwa sekolah tersebut tidak layak untuk dijadikan tempat belajar.

Penggunaan computer sangat dibutuhkan, mulai dari pelajaran di sekolah hingga penggunaan karyawan yang berada dalam sekolah. Di dalam pembelajaran berbantuan computer, anak-anak dapat diajarkan bagaimana membuat suatu gambar dalam aplikasi paint, lalu murid juga bisa membuat dokumen atau data dalam Microsoft word. Semua itu butuh proses untuk dimengerti melalui teori, namun jika anak praktek langsung, pasti akan lebih cepat mengerti dan bisa menggunakannya.

Bantuan komputer sangat berpengaruh bagi kreatifitas siswa. Karena setiap yang diajarkan dalam komuter, sang anak akan mengerjakannya dengan kemampuan dan cara imajinasinya sendiri. Misalnya ketika membuat biodata dalam word, murid-murid bisa memakai tulisan yang berbeda-beda sehingga menghasilkan tulisan yang indah. Lalu ketika memberikan warna pada tulisan dan ukuran huruf yang digunakan, juga menggunakan imajinasi siswa sendiri. Jadi, guru hanya mengajarkan dasar-dasarnya saja, dan selebihnya para murid lah yang berkreasi sendiri dengan kemampuannya.

Untuk pelajaran komputer biasanya nilai yang didapatkan sangat tinggi, sebab sangat mudah diterapkan dan jika anak sudah mengerti maka akan mudah mengingat meskipun berbentuk teori. Bukan hanya belajar saja yang bisa diterapkan menggunakan computer, namun saat pelajaran yang disukainya ini sedang berlangsung, sang guru memberikan siswa untuk bermain game yang sudah disediakan. Hal ini membantu anak untuk merefresh pikirannya agar tidak jenuh dengan berbagai materi yang dihadapinya.

Pembelajaran berbantuan computer sangat membantu sekali dalam dunia sekolah. Karena saat ini dunia teknologi menjadi hal yang paling utama dalam kehidupan manusia, jadi computer sangat berperan penting bagi pengetahuan siswa.
Rating: 4.5