koffieenco.blogspot.com

Wednesday, June 25, 2014

Keterampilan Dasar Mengajar Secara Baik dan Benar




Keterampilan dasar mengajar atau yang biasa di sebut dengan teaching skills merupakan sebuah kemampuan ataupun keterampilan yang memiliki sebuah sifat khusus yang harus dapat dimiliki oleh setiap guru hal ini bertujuan supaya bisa melaksanakan sebuah tugas mengajar dengan efektif, dan efisien serta profesional. Maka dari itu sebuah keterampilan dasar mengajar ini berkaitan dengan beberapa keterampilan ataupun kemampuan yang memiliki sifat mendasar serta harus dapat dikuasai oleh setiap tenaga pengajar di dalam melaksanakan sebuah tugas mengajarnya.
Di dalam mengajar terdapat dua kemampuan utama yang harus dapat dikuasai oleh setiap seorang tenaga pengajar, yakni :
1) Menguasai secara detail bahan ajar ataupun materi yang akan diajarkan atau biasa di sebut denga what to teach
2) Dapat Menguasai sebuah metodologi ataupun cara untuk dapat membelajarkannya dengan baik dan benar atau yang biasa di sebut dengan how to teach
Sebuah keterampilan dasar mengajar ini merupakan aspek dari nomer dua yakni adalah sebuah cara mengajar. Sebuah cara mengajar ke siswa ini harus dapat di mengerti secara baik dan mutlak oleh setiap pengajar sebab para pengajarlah yang akan memberikan sebuah pengertian yang lebih panjang ke semua siswa. Sebuah keterampilan mengajar ini tidak hanya sebuah proses memberikan serta menyampaikan suatu materi saja akan tetapi juga memberikan pembinaan dalam hal pembentukan suatu karakter siswa, kebiasaan, emosional, dan pembinaan sikap serta nilai-nilai yang lainnya.
Di dalam keterampilan dasar mengajar terdapat sebuah keterampilan untuk menjelaskan. Dan keterampilan menjelaskan itu sendiri adalah sebuah keterampilan untuk dapat menyajikan suatu materi ataupun bahan ajar dengan sistematis dan menjadi sebuah kesatuan yang berarti dan hal ini akan membuah para siswa dapat dengan mudah untuk memahami apa yang sang pengajar jelaskan.
Dan bertanya juga merupakan sebuah aspek yang penting dalam melakukan sebuah Keterampilan Dasar Mengajar. Bertanya ini termasuk di dalam unsur komunikasi. Sebuah pembelajaran sangat di perlukan adanya sebuah komunikasi, hal ini dapat membantu bagi para anak didik yang tidak mengerti apa yang di jelaskan oleh pengajar untuk dapat bertanya tentang materi yang sedang si jelaskan.
Inilah informasi Keterampilan Dasar Mengajar Dengan Baik dan Benar yang dapat kami sampaikan untuk anda.
Rating: 4.5