koffieenco.blogspot.com

Sunday, April 28, 2013

Tips dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar




Tips dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar. Belajar merupakan salah satu step penting di kehidupan manusia, dengan belajar, orang akan menjadi tahu akan sesuatu hal yang baru, dan dengan belajar pula orang akan menjadi orang yang lebih pintar akan suatu hal atau banyak hal. Namun ada kalanya orang mengalami yang namanya kesulitan Belajar. Apa yang menyebabkannya? Disini kita coba untuk mengupasnya dan mamberikan sedikit solusi atau cara mengatasi kesulitan belajar tersebut.

Apa pengertian Belajar?

Sebelum kita membahas tentang kesulitan belajar, mungkin ada baiknya kita mengetahui dahulu definisi belajar dari berbagai sumber, silakan di baca pengertian belajar dari berbagai ahli berikut ini:

1. Skinner dalam Barlow (1985) dalam bukunya Educational Psychology : The Teaching Learning Process, belajar adalah suatu proses adaptasi yang berlangsung secara progressif.2. Chaplin (1972) dalam Dictionary Psychology membatasi belajar dengan 2 macam :a. Belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat dari latihan dan pengalaman.b. Belajar adalah proses memperoleh respons-respons sebagai akibat adanya latihan khusus.3. Hintzman (1987) dalam bukunya The Psychology of Learning and Memory berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi pada diri organisme, manusia atau hewan disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.4. Wittig (1981) dalam bukunya Psychology of Learning belajar adalah perubahan yang relative menetap yang terjadi dalam segala macam / keseluruhan tingkah laku suatu organisme sebagai suatu hasil.5. Reber (1989) dalam Dictionary of Psychology. Menurutnya ada 2 definisi tentang belajar, yaitu :a. Belajar adalah proses memperoleh pengetahuanb. Belajar adalah suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relative langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat.Dengan demikian dapat dipahami bahwa proses belajar meliputi :a. Perubahan yang secara umum menetap (relatively permanent)b. Kemampuan bereaksi (response potentiality)c. Dapat diperkuat (Reinforced)d. Melalui praktek dan latihan (Practice)

Apa Pengertian Kesulitan Belajar?

Definisi kesulitan belajar, adalah dimana seseorang sulit memahami, mengerti, dan mengingat suatu hal baru yang sedang ia pelajari dalam proses belajar walaupun sudah diulang beberapa kali.

Faktor-faktor yang menyebabkan Kesulitan Belajar?

Kesulitan dalam belajar dapat disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal.

Faktor Internal antara lain:

Kondisi tubuh sedang tidak sehat atau tidak fit

Kondisi PSikis sedang tidak Fit

Sedang Stress

Lagi Banyak pikiran

IQ yang agak renah

Kurang Berminat dengan pelajarannya

Kurang berbakat di bidang tersebut

Faktor Eksternal antara lain:

Lingkungan yang berisik

Tuntutan yang sangat Tinggi dari Keluarga (orang tua)

Ada di keluarga yang kurang kasih sayang, misalnya broken Home, dll

Lingkungan sekolah yang sering tawuran

Guru yang kurang perhatian akan perkembangan muridnya

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar

Setelah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar diatas, kita masuk ke tips dan caranya untuk mengatasi kesulitan belajar anda, berikut ini Tips2nya:

Pastikan kondisi badan sedang fit, tidak seang kelaparan, dan tidak sedang sakit sebelum mulai belajar

Cari tempat yang tenang jika lingkungan anda berisik dan bising, atau bisa diganti dengan sambil mendengarkan musik kesayangan anda menggunakan earphone.

Fokus dalam belajar paling tidak selama 30 menit pertama, setelah itu bisa istirahat sebentar untuk minum atau menghirup udara segar sebelum melanjutkan lagi. Jangan terlalu diforsir otak anda untuk terus-terusan belajar, istirahatlah sejenak jika suah merasa penat dan pusing.

Bicarakan dengan orang tua atau keluarga agar jangan terlalu menuntut anda, agar anda bisa belajar dengan tenang dan bisa lebih berprestasi.

Kalau lingkungan sekolah tiak mendukung karena sering tawuran dan gurunya kurang mendukung, bisa anda bicarakan pada orang tua anda, mungkin bisa diperoleh solusi yang baik.

Sementara itu dulu tips dan cara mengatasi kesulitan belajar yang dapat saya sampaikan, jika ada yang kurang tolong dishare disini yah.nanti akan saya update halaman ini kalau ada cara jitu lainnya. Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya.
Rating: 4.5