koffieenco.blogspot.com

Tuesday, March 19, 2013

Kumpulan Contoh-Contoh Pidato Tentang Pendidikan



Kumpulan Contoh-Contoh Pidato Tentang Pendidikan - Bingung ngerjain tugas bikin pidato sekolah? Atau sedang nyari kumpulan contoh-contoh pidato? gak usah bingung deh, apalagi pusing. Disini neh tempatnya. Kali ini saya akan berbagi tips membuat pidato yang baik. Tema pidato kali ini adalah pendidikan jadi cocok banget buat kamu-kamu yang masih sekolah. Daripada kebanyakan rempong, yuk langsung aja disimak:

Contoh pidato 1:

Assalamualaikum wr wb. Yang terhormat, bapak kepala sekolah smp Suka Maju. Yang terhormat, bapak ibu guru dan staff. Yang tercinta teman-temanku semuanya. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat bertemu pada hari yang indah ini. Terimakasih saya ucapkan atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang berjudul “Indonesia Butuh Pendidikan Moral”.

Teman temanku yang saya cintai,

Pendidikan moral merupakan momok dasar yang harus diajarkan kepada generasi sekarang ini. Bagaimana tidak, di media sosial atau televisi kasus kekerasan seringkali kita jumpai bahkan terkadang tidak sedikit orang yang menyaksikan kekerasan tersebut secara langsung. Sayangnya, pendidikan moral ini yang seharusnya dijadikan pendidikan utama dalam tingkat sekolah formal, justru sering diabaikan. Para guru hanya dituntut untuk membuat siswa mereka menjadi pandai. Para guru hanya terfokus pada setiap subjek yang akan mereka sampaikan. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat kasus-kasus yang terkadang terjadi disekolah seolah tidak menjadikan koreksi bagi para guru. Sekolah hanya menyediakan fasilitas melalui guru BP yang bertugas menegur sikap siswa. Sekolah mungkin menganggap bahwa fasilitas ini sudah cukup memenuhi kebutuhan siswa yang bermasalah. Namun, para guru lupa bahwa kasus-kasus siswa yang terjadi sebenarnya dapat ditanggulangi sehingga kasus tersebut tidak perlu terjadi. Karenanya, pendidikan moral harus di patenkan menjadi salah satu pelajaran wajib disekolah.

Ketika siswa ditanya lebih penting mana antara moral dan pengetahuan? Maka jawabanya pasti pengetahuan. Namun, apabila pertanyaan ini di lontarkan kepada guru. Mereka pasti tak mampu menjawab karena meskipun mereka menyadari keduanya penting namun disekolah mereka hanya terfokus mengajarkan pengetahuan saja. Hal ini tentulah dapat dijadikan koreksi betapa pentingnya pendidikan moral.

Bagi generasi muda, jangan lelah menggapai cita. Tetap berusaha, rajin belajar dan tidak pantang menyerah. Selalu hormati orang tua, guru, dan sayangi sesama teman. Satu hal yang pasti, hindari kekacauan, hilangkan tingkah laku buruk, kobarkan persatuan dan jaga nama baik Negara kita Indonesia.

Demikianlah sedikit kata yang bisa saya sampaikan, terimakasih.

wassalamualaikum wr wb.


Contoh Pidato II:

Selamat siang,

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yang saya hormati Kepala Sekolah SMP Guna Bakti.

Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah SMP Guna Bakti.

Yang saya hormati guru-guru SMP Guna Bakti.

Beserta seluruh murid SMP Guna Bakti yang berbahagia.

Alhamdulilah, Puji dan Syukur saya ucapkan kepada Allah swt yang telah memberikan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul pada acara siang hari ini.

Mungkin hadirin sudah banyak yang paham tentang pengertian globalisasi, atau mungkin malah masih belum ada yang memahaminya?.. kali ini saya berdiri disini ingin sedikit mengajak hadirin untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang menyebabkan globalisasi. Apa pengaruhnya bagi kita dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya.

Globalisasi berasal dari kata global yang mempunyai arti menyeluruh. Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak atau elektronik. Globalisasi mempunyai pengaruh yang hampir meliputi semua aspek kehidupan. Contohnya, dalam bidang transportasi. Ada begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai merayap dijalan raya setiap harinya. Transportasi ini membuat orang lebih mudah untuk bepergian. Hal ini tentu berbeda terbalik dengan jaman dahulu yang untuk kemanapun, seseorang harus rela menempuhnya dengan jalan kaki.

Selain transportasi, nampaknya sistem telekomunikasi juga berdampak global dalam aspek kehidupan. Sebagai contohnya adalah handphone (HP). Jaman canggih seperti sekarang ini, HP sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Internet merupakan contoh lain dari pengaruh globalisasi. Tua muda semua berlomba untuk dapat menggunakanya. Bahkan tidak sedikit generasi muda yang mampu menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet.

Pengaruh globalisasi juga datang dari dunia kuliner. Secara perlahan makanan dari berbagai penjuru dunia mulai masuk kepelosok-pelosok nusantara. Tidak sedikit masyarakat yang ikut berdagang dengan merk makanan luar negeri. Misalnya, KFC, PIZZA, Ramen dan lainya.

Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai jenis pakaian yang booming diluar negeri segera diikuti masyarakat kita. Bidang lain yang tidak kalah heboh adalah olah raga. Banyak pertandingan yang disiarkan secara langsung. Tidak sedikit orang dibuat demam karenanya.

Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi. Hal ini jelas membuktikan bahwa setiap orang mampu merasakan pengaruhnya. beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, membuktikan bahwa globalisasi sudah hampir mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Semua orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. Tentulah sebagai masyarakat kita harus bisa memilah globalisasi ini dengan hanya mengambil nilai positifnya saja dan mengabaikan nilai negatifnya sehingga budaya-budaya barat yang akan masuk keindonesia dapat tersaring dengan baik. Apabila hal ini dilakukan semua masyarakat maka ciri khas kebudayaan kita tentu akan dapat dipertahankan dengan baik.

Semoga yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Harapan saya, pengaruh globalisasi tidak akan merusak keutuhan bangsa.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Demikianlah contoh pidato yang dapat penulis bagikan, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5