koffieenco.blogspot.com

Kamis, 07 Februari 2013

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Dalam dunia penelitian,dikenal dua metode Besar yakni kuantitatif dan kualitatif.Isu - isu mengenai kelemahan dan Keunggulan,analisis data serta aplikasi.Diantara kedua metode tersebut telah menjadi perdebatan hangat  bahkan menimbulkan war pardigma dikalangan peneliti.
Penelitian kuantitatif bertujuan mencari hubungan yang menjelaskan sebab - sebab dalam fakta - fakta sosial yang terukur. Secara spesifik metode kuantitatif bertujuan untuk menggenalisir,memprediksi,dan penjelasan kausal.

Penelitian kualitatif lebih diarahkan untuk memahami fenomena - fenomena sosial dari prespektif partisipan. Dengan kata lain , metode kualitatif bertujuan untuk kontekstualisasi(contextualion), penafsiran (interpretasi), dan memahami perspektif pelaku (understanding actors’ perspectives).

 Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Metode Kualitatif:

  • Desain: umum, fleksibel, berkembang, tampil dalam proses penelitian
  • Tujuan: memperoleh pemahaman makna verstehen, mengembangkan teori, menggambarkan realitas yang kompleks
  • Teknik Penelitian: Observasi, participant observation, wawancara terbuka
  • Instrumen Penelitian: Human instrument, buku catatan, recording
  • Data: deskriptif, dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan responden, dokumen, dll
  • Sampel: kecil, tidak representatif, pusposif
  • Analisis: terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian, induktif, mencari pola, model utama
  • Usulan Desain: singkat, sedikit literatur, pendekatan secara umum, masalah yang diduga relevan, tidak ada hipotesis, fokus penelitian sering ditulis setelah ada data yang dikumpulkan dari lapangan.
  • Hubungan dengan Responden: empati, akrab, kedudukan sama, setara, jangka lama

Metode Kuantitatif:

  • Desain: spesifik, jelas, terinci, ditentukan secara mantap sejak awal, menjadi pegangan langkah demi langkah demi langkah
  • Tujuan: menunjukkan hubungan antara variabel, mentest teori, mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif
  • Teknik Penelitian: eksperimen, survey, observasi berstruktur, wawancara berstruktur
  • Intrumen Penelitian: test, angket, wawancara, skala, komputer, kalkulator
  • Data: Kauntitatif, hasil pengukuran berdasarkan variabel yang dioperasionalkan dengaan menggunakan instrumen
  • Sampel: besar, represntatif, sedapat mungkin random
  • Analisis: pada taraf akhir setelah pengumpulan data selesai, deduktif, menggunakan statistik
  • Hubungan dengan responden: berjarak, sering tanpa kontak langsung, hubungan antara peneliti - subjek jangka pendek
  • Usualan Desain: luas dan terinci, banyak literatur yang berhubungan dengan masalah, prosedur yang spesifik dan terinci langkah-langkahnya, masalah diuraikan dan ditujukan kepada fokus tertentu, hipotesis dirumuskan dengan jelas dan ditulis terinci dan lengkap sebelum terjun ke lapangan.
Penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan sebagai tolak ukur untuk memperhitungkan suatu objek dan menghasilkan data yang akurat. Penelitian sering dilakukan oleh orang-orang yang sedang meneliti suatu peristiwa dan mencari informasi. Didalam penelitian terdapat dua macam yang bisa dilakukan. Jika menginginkan mencari suatu informasi didalam kehidupan bermasyarakat, dengan data yang diperoleh berupa fakta langsung yang diucapkan oleh warga sekitar atau objek manusia. Dan ada pula penelitian kuantitatif yang menitikberatkan pada objek angka atau perhitungan suatu objek.

Kualitatif adalah sebuah penelitian yang tidak bisa di peroleh atau diukur menggunakan prosedur-prosedur statistik. Penelitian ini sering di gunakan sebagai penelitian tentang kehidupan masyarakat, seseorang peneliti menjelaskan penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang dapat menghasilkan data deskriptif dengan kata-kata tertulis atau lisan dengan seorang pelaku yang sedang diamati. Sedangkan kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan dengan pengumpulan data dan hasil analisis untuk mendapatkan informasi untuk mendapatkan kesimpulan.

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif adalah metode penelitian kuantitatif membuat deskrifsi sebuah objek yang sangat fenomena terbatas. Dan kualitatif metode penelitian kejadian dengan memperhitungkan konteks.

Adapula manfaat yang dapat diperoleh dari kedua penelitian tersebut adalah Metode penelitian ini berperan sebagai, pengamat, cara, proses, dan prosedur untuk menjadi karya ilmiah yang bisa di teliti sehingga menjadi bermanfaat. Maka dari itu penelitian kualitatif dan kuantitatif memiliki manfaatnya sendiri-sendiri. Dalam metode kualitatif di tunjukkan untuk beberapa hal, antaranya ialah memperoleh pemahaman makna pada Sesuatu hal yang ingin di teliti, menemukan teori-teori agar bisa menjadi karya ilmiah. Sementara penelitian kuantitatif bertujuan untuk menunjukkan hubungan variable, dan menganalisa. Dan tujuan penelitian kualitatif secara kontekstual, berperan sebagai pemahaman penelitian fenomena yang di perhatikan.

Maka penelitian kualitatif dan kuantitatif adalah penelitian yang bersifat ilmiah. Perbedaan kualitatif dan kuantitatif bisa juga kita lihat dari paradigma, yaitu penelitian kualitatif yang di pakai adalah paragima alamiah yang berdasarkan sumber dari pandangan fenomenologis. Beda dengan penelitian kuantitatif yaitu paradigmanya berasal dari pandangan positivism. Dan juga bisa di lihat dari maksud sebuah penelitian itu sendiri. Dan kedua penelitian ini bisa di sebut sebagai penelitian yang bertentangan.
Rating: 4.5