koffieenco.blogspot.com

Senin, 04 Februari 2013

macam-macam organisasi internasional beserta penjelasannya

Organisasi internasional merupakan suatu kelompok dimana didalamnya terdapat anggota dan ketua, menyeluruh ke berbagai kawasan dan tidak terbatas. Terdapat dua cangkupan didalam organisasi tersebut, yaitu publik dan privat. Jika didalam publik maka Negara ikut campur dalam segala kegiatannya dan dapat pula menjadi anggota. Namun jika yang bersifat privasi, maka Negara tidak termasuk menjadi anggota, karena biasanya dijalankan per individu. Ada berbagai pendapat yang mengemukakan tentang pengertiannya.

Pendapat tentang organisasi internasional, pertama berasal dari DW. Bowett, ia menyatakan bahwa organisasi tersebut sama dengan organisasi yang bersifat permanen, lebih kearah multilateral yang berdiri atas suatu traktat, ini dikarenakan atas unsure tertentu.

Kemudian menurut Maryam Green yang berpendapat organisasi itu dibentuk dari perjanjian yang telah disepakati dari beberapa Negara yang saat itu menjadi peserta. Lain halnya dengan pendapat Boer Mauna yang lebih menyimpulkan bahwa perhimpunan dari beberapa Negara yang telah merdeka dan berdaulat, tujuannya adalah untuk mendapatkan kepentingan yang diinginkan dari organ perhimpunan. Terakhir ada pendapat dari J.Pariere Mandalangi yang menyimpulkan organisasi dibentuk dari perjanjian tertulis dan terdapat minimal tiga Negara, meskipun didalamnya terdapat beberapa organisasi yang sudah ada. Maka dari penjelasan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa organisasi tersebut terjadi karena adanya perjanjian internasional. Beberapa organisasi selain PBB yang termasuk didalamnya adalah World Health Organization yang merupakan organisasi kesehatan, kemudian ada UNICEF dan UNESCO untuk pendidikan.

Untuk standardisasi organisasi atau biasa disingkat ISO ialah badan yang menetapkan sebuah standar organisasi, yang termasuk didalamnya adalah wakil dari setiap Negara. Badan ini menetapkan beberapa standar untuk industry dan komersial. Lembaga ini didirikan tanggal dua puluh tiga tahun 1947. Tujuan dibentuknya ISO ini untuk mengenalkan dan membuat standardisasi untuk internasional. Sebelum bernama ISO, lembaga yang menetapkan standar ini bernama IOS, namun tidak digunakan lagi sebab dalam kata Yunani, arti kata dari IOS ini adalah equal atau sama. Meskipun ISO ini organisasi Non-pemerintah, namun sering digunakan sebagai hukum untuk menyetujui standar nasional yang digunakan.

Organisasi internasional telah memperkenalkan standardisasinya yang berupa ukuran untuk kartu ATM, film fotografi dan masih banyak lagi, dengan tujuan meningkatkan citra perusahaan, selain itu juga berfungsi sebagai peningkat kinerja dalam lingkungan perusahaan dan peningkat daya saing.
Apakah sobat tahu dengan PBB?PBB merupakan singkatan dari perserikatan bangsa - bangsa. PBB merupakan organisai internasional. Organisasi adalah suatu wadah yang memiliki tujuan yang sama. Kali ini kita akan berbicara mengenai macam-macam organisasi internasional beserta penjelasannya.

Selain PBB ada juga organisasi internasional lainnya. Berikut daftarnya :
  • WHO = World Health Organization 
  • NATO = North Atlantic Treaty Organisation
  • NGO = Non-Governmental Organizations
  • UNICEF = United Nations International Childrens Emergency Fund
  • UNESCO = the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization
  • UNCHR = United Nations Commission on Human Rights
  • UNDPR = The United Nations Division for Palestinian Rights
  • UNHCR = Uited Nations High Commissioner for Refugees
  • ASEAN = Association of Southeast Asian Nations 
  • OPEC = Organization of the Petroleum Exporting Countries 
Jika sobat mengetahui macam organisasi internasional yang lain. Silahkan sobat kasih tahu saya, akan saya Update.
Rating: 4.5