koffieenco.blogspot.com

Kamis, 21 Februari 2013

Bunyi Hukum Archimedes

Archimedes dari Syracusa (sekitar 287 SM - 212 SM) Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes. Archimedes sendiri adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Yunani. Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi pada penjarahan kota Syracusa, meskipun ada perintah dari jendral Romawi, Marcellus bahwa ia tak boleh dilukai. Sebagian sejarahwan matematika memandang Archimedes sebagai salah satu matematikawan terbesar sejarah, mungkin bersama-sama Newton dan Gauss.

Bunyi Hukum Archimedes
"Jika suatu benda dicelupkan ke dalam sesuatu zat cair, maka benda itu akan mendapat tekanan keatas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang terdesak oleh benda tersebut".
Fa = V.g. ρf
Fa : gaya apung
V : Volum air yang terdesak (meluber)
ρ f :  massa jenis fluida
3 Keadaan Benda berdasarkan Hukum Archimedes

1. Terapung
  • Misal gabus, pada saat terapung, besar gaya apung (Fa) sama dengan berat benda ( gabus)
  • Volum benda yang tercelup (Vt) lebih kecil daripada volum benda total (Vb)
  • Syarat terapung ρb < ρf
2. Melayang
  • Pada saat melayang, besarnya gaya apung Fa sama dengan berat benda (w).
  • Pada peristiwa benda melayang, volum benda yang tercelup = volume benda total
  • Syarat melayang ρb = ρf
3. Tenggelam
  • Pada saat tenggelam, besarnya gaya apung Fa lebih kecil daripada berat benda (w)
  • Pada peristiwa benda tenggelam, volum benda yang tercelup (Vt) = volume benda total (Vb)
  • Syarat tenggelam ρb > ρf

Penerapan Hukum Archimedes Dalam kehidupan Sehari - hari.

1.Kapal Selam

Pada kapal selam dimana kapal dapat melayang( tidak tenggelam tidak juga mengapung).
Karena
F archimedes = F benda
F archmedes = V benda x massa jenis air x gravitasi.
Sebagai percobaan ambil wadah bening di isi air putih lalu masukan 1 butir telur, yang terjadi telur akan tenggelam, lalu coba dalam wadah itu masukan garam hingga telur mengapung. ini dikarenakan perbedaan massa jenis air garam dengan benda. Karena massa jenis air laut umumnya sama maka berat kapal selam sudah didisain sedemikian rupa agar kapal bisa melayang.

 2. Hidrometer

Hidrometer adalah alat yang dipakai untuk mengukur massa jenis cairan. Nilai massa jenis cairan dapat diketahui dengan membaca skala pada hidrometer yang ditempatkan mengapung pada zat cair.

3. Kapal Laut

Badan kapal yang terbuat dari besi berongga, ini menyebabkan volum air laut yang dipindahkan oleh badan kapal menjadi sangat besar. Gaya apung sebanding dengan volum air yang dipindahkan, sehingga gaya apung menjadi sangat besar . Gaya apung ini mampu mengatasi berat total sehingga kapal laut mengapung di permukaan laut. Jadi massa jenis rata – rata besi berongga dan udara yang menempati rongga masih lebih kecil daripada massa jenis air laut. Oleh karena itu kapal itu mengapung.
Rating: 4.5